PERAN PROMOSI DALAM MEMEDIASI LINGKUNGAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN ONLINE (STUDI DI KOTA LHOKSEUMAWE)

Lisa Iryani

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran
promosi dalam memediasi lingkungan pemasaran online
terhadap perilaku pembelian online pada masyarakat Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini dilakukan di Kota Lhokseumawe,
sampel yang diambil sebanyak 110 responden dengan metode
purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan
adalah berupa analisis jalur disertai Uji Sobel digunakan untuk
menguji hipotesis yang dirumuskan. Hasil penelitan ini
menunjukkan bahwa lingkungan pemasaran online secara positif
dan signifikan mempengaruhi perilaku pembelian konsumen
online. Lingkungan pemasaran online berpengaruh positif dan
signifikan terhadap promosi. Promosi berpengaruh positif secara
signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen online.
Terakhir, promosi dapat memediasi secara signifikan lingkungan
pemasaran online terhadap perilaku pembelian konsumen
online.

Keywords

Lhokseumawe, pemasaran, mediasi, online marketing

References

Chatterjee, P. & McGinnis, J., 2010. Customized Online Promotions: Moderating Effect Of Promotion Type On Deal Value, Perceived Fairness, And Purchase Intent. The Journal of Applied Bussiness Research, 26 (4):13-19.

Gautam, R. K., 2012. Internet Marketing Usage by Small Indian

Entrepreneurs: An Exploratory Study of Punjab. International Review of Management and Marketing, 2 (1):43-51.

Goh, Y. S., N. Priambodo, and M. D. Shieh. 2012. Online Shopping Behavior in Taiwan and Indonesia. The Asian Conference on Media and Mass Communication, pp: 97-107.

Hadjiphanis,L., & Christou, L 2007. Internet Marketing: A new phenomenon and its implications in marketing. Journal of Business

Administration Arkansas Tech University, 6(1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.