KEMAMPUAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI BUNGA BANGSA NAGAN RAYA DALAM MENENTUKAN STRUKTUR TEKS EDITORIAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian))ini..bertujuan..untuk??mengetahui//kemampuan...siswa<<kelas<<XII SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya dalam menentukan struktur teks editorial. Sampel penelitian sebanyak 30% (35 siswa) dari 117 siswa kelas XII. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menetapkan nilai siswa berdasarkan rubrik dan dikategorikan berdasarkan klasifikasi penelitian. Hasil..penelitian ..menunjukkan>bahwa>nilai00rata_rata kemampuan>siswa kelas XII SMA Negera Bunga Bangsa Nagan Raya dalam menentukan struktur teks editorial adalah 72,36. Dan nilai>ini berada>pada kategori baik. Dari 35>orang siswa,. terdapat 2 orang (5,7%) berada pada kategori sangat baik, 19 orang (54,3%) siswa berada pada kategori baik, 10 orang (28,6%) siswa berada pada kategori>cukup, dan 4 orang (11,4%) siswa>berada pada kategori kurang. Tidak >ada (0%) kemampuan siswa yang berada pada kategori sangat kurang. Kemudian--nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari aspek menentukan struktur teks editorial adalah 83,6. Berada pada kategori mampu, dari aspek membedakan antara struktur satu dengan struktur lainnya pada teks editorial adalah 59,6 berada pada kategori mampu. Secara keseluruhan kemampuan siswa kelas XII SMAN Bunga Bangsa Nagan Raya dalam menentukan teks editorial berada pada kategori baiik.
Kata Kunci: Kemampuan, Struktur, Editorial
Full Text:
PDFReferences
Assegaff, Dja’far H. 1991. Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Ke Praktek Kewartawanan. Cetakan ke-3. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Balitbang Dikbud No 018/H/KR/2020. Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah berbentuk sekolah menengah atas untuk kondisi khusus. Kementrian Pendidikan dan Kebuayaan.s. (https://www.fathur.web.id/2020/08/sk-balitbang-nomor-018hkr2020-tentang.html) Diakses 3 Januari 2022.
Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rajawali Pers.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Emzir. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fauziati, Emi. 2018. Peningkatan Kemamouan Memproduksi Teks Opini atau Editorial Melalui Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas XII MIPA 3 Semester 2, SMA Negeri 1 Panguyuban Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. dari (http://103.207.99.162/index.php/widyaaccarya/article/view/892) Diakses pada 13 November 2021.
Harvianti, Nuramalina, dkk. 2019 Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Banda Aceh Mengembangkan Isi Teks Eksposisi Melalui Model Group Investigation. Jurnal. Jim PBSI, (online), volume 4, nomor 1 (jurnal frangkel.pdf) Diakses 3 Januari 2022.
Hugo, Hartig. dalam (http://www.sarjanaku.com/2011/08/tujuan-menulis.html) Diakses 11 November 2012.
Kemendikbud. 2018. Bahasa Indonesia. Jawa Tengah-Indonesia: PT Macanan jaya Cemerlang.
---------2016. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih, E. 2016. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Media.
Kuncoro, Mudrahad. 2009. Mahir Menulis. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Muslimin, Khoirul. 2019. Jurnalistik Dasar. Yogyakarta: UNISMU.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ningsih, Tusmawati, dkk. 2019. Analisis Kebahasaan Teks Editorial pada Harian Pikiran Rakyat Edisi 2017 Sebagai Pengembangan Materi Ajar Teks Editorial Kelas XII SMA Negeri 5 Cirebon. Cirebon: Online. (https://ecoentrepreneur.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/viewFile/6121/3815) Diakses 28 Desember 2021.
Noor, Juliansyah. 2010. Metodelogi Penelitian. Jakarta; Kencana.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta BPEF.
Ramida. 2020. Kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri Takengon Mengidentifikasi informasi dalam teks editorial. Banda Aceh: Diterbitkan.
Resnadi. 2016. Penggunaan Teknik Menulis Semi Terampil Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V SD Negeri 27 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, (online), volume 9, nomor 2. (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/4623/2516) Diakses 3 Januari 2022.
Slamet. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sumadiria, Haris. 2005. Menulis Artikel dan Tajuk Rencana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Supranto, J. 2003. Metode Penelitian Hukum dan Statistik. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Yamin Sofyan, Kurniawan Heri. 2009. SPSS COMPLETE: Tekhnik Analisis Statistik Terlengkap dengan software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.8987
Article Metrics
Abstract Views : 250 timesPDF Downloaded : 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats