PENGARUH MODEL PEMBELAJAR EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG MAMPLAM

Zulvira Zulvira, Muhammad Iqbal, Emilda Emilda

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran examples non examples dengan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA negeri 1 Simpang Mamplam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi ekperimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini 89 siswa sedangkan sampel pada penelitian 59 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas ekperimen dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunaan uji prasyarat yaitu analisisnya dilakukan dengan uji normlitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan Uji Paired Sample T-Test untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi siswa di peroleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya menyatakan nilai signifikan < 0,05 dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples dengan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Simpang Mamplam

Keywords


model pembelajaran examples non examples, menulis, teks negosiasi

Full Text:

PDF

References


Suryadi, A. (2022). Memahami Ragam Strategi Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,3(5), 1910–1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690

Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh penggunaan model pembelajaran examples non-examples terhadap hasil belajar menulis teks berita pada siswa kelas viii SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 205-215.

Lestari, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi. DAFTAR ISI Editorial Daftar Isi, 13(03), 353.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i2.19424

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats