PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SISWA KELAS X MENULIS TEKS BIOGRAFI SECARA FAKTUAL DAN KREATIF SMA NEGERI 2 DEWANTARA

Fitriani Fitriani, Iba Harliyana, Reza Pahlevi Ginting

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Dewantara, dengan sampel yang dipilih dari dua kelas yang tersedia, berjumlah 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XA-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas XA-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, dengan total 41 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 29,95 dan posttest 79,05, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 31,05 dan posttest 58,29. Analisis nilai posttest yang diuji menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan software IBM SPSS 25 menunjukkan nilai asymptotic significance 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Dewantara.

Keywords


Model, Teams Games Tournament (TGT), Keterampilan, Menulis, Teks Biografi

Full Text:

PDF

References


Aulia, N., Nasrah, S., & Safriandi, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ulang Biografi pada Siswa Kelas X Negeri 2 Lhokseumawe. KANDE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2 (2). 267-276 http://ojs.unimal.ac.id/kande/index. diakses tanggal 2 Januari 2024

Ariyani, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped Classroom dan aplikasi scoology: Analisis keterampilan menulis teks biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 165-186. http://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591. diakses tanggal 24 Desember 2023

Hanim, S. A. (2021). "Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Negeri 064954 Kota Medan". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 1(3). 39-54 http://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i3. 94. diakses tanggal 13 Januari 2024

Juliana; J., Idaryani, I.,& Pratiwi, R. A. (2024). The Effect of the Think, Talk, Write Type Cooperative Learning Model towards Skill of Writing Biographical Teks for High School Students. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 9 (1), 1-9. https://ejournal.mandalanusa.orgJUPE/article/view/6611/4775. Diakses 24 April 2024

Kusumasari, M., & Ulumuddin, A. (2023, July). 141. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi dengan Model Discovery Learning dan Media Film di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, no. 1, pp. 1296-1309. diakses 2 Januari 2024

Martha, Nila, dan Yehonala Situmorang. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions.” Journal of Education Action Research 2(2): 165–71.

Mertin, N. M. (2020). Penerapan Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal of Education Action Research, 4(3) 315-321. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252 diakases 13 Januari 2024

Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. (2020). pengaruh penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas X1 SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Kade Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1 (1), 109-117.

Nasruddin, N. (2019). Penerapan Metode Teams Games Tornament Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandara Baru. Jurnal Sains Riset, 9 (1), 56-68. http://doi.org/10.47/jsr.51 diakses 20 Januari 2024

Sarimah, E., & Nashir, M. R. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Penerapan Medote Quantum (tandur) pada Siswa Kelas X SMA Yayasan Purwa Bhakti Ciawi Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 1 (1), 65-75. Doi: 10.55215/triangulasi.v1i1.3223. diakases 13 Januari 2024

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif,Kombinai, R&d dan Penelitian Pendidikan)."metode penelitian pendidikan, 67.

Ulfiana, U, Ika Septian, dan Warnarni. (2023). "Peningkatan Keterampilan menulis Teks Biografi Berbantuan Media Tokoh Idola pada Peserta Didik kelas X SMA 5 Semarang. " Jurnal Pendidikan Guru profesiaonal 1 (1): 40-52. htpps://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.168. diakases 10 November 2023

Wati, S. H., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Vol. 1). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpgsd/article/view/4760. diakses 13 Januari 2024




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i2.19353

Article Metrics

 Abstract Views : 39 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats