PENERAPAN REFLEKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ketersediaan dokumen refleksi pembelajaran di SMP Negeri 3 Banda Aceh; (2) pelaksanaan refleksi pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh; (3) Kualitas penerapan refleksi pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah guru bahasa Indonesia, yang terdiri dari tiga orang dan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Berdasarkan rumusan penelitian dan tujuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan refleksi di SMP Negeri 3 Banda Aceh belum terlaksanan dengan baik. Hal ini juga mengindikasikan bahwa masih sedikit guru yang melakukan penelitian terkait “refleksi”. Sebenarnya sangat disayangkan, namun masih sangat memungkinkan di kegiatan selanjutnya guru akan melaksanakan refleksi dengan baik di kelas VII. Maka dari itu, guru diharapkan dapat menerapkan refleksi pembelajaran sesuai dengan modul ajar, sehingga guru dapat mengetahui manfat dari refleksi pembelajaran tersebut. Terakhir, perlunya dukungan untuk mengembangkan kualitas guru dalam pembelajaran, agar memperoleh kebermanfaatan dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci : refleksi, pembelajaran
ABSTRACT
The aims of this research are (1) to describe the availability of learning reflection documents at SMP Negeri 3 Banda Aceh; (2) Implementation of learning reflection carried out by teachers at SMP Negeri 3 Banda Aceh.(3) The quality of the implementation of learning reflection by teachers at SMP Negeri 3 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach and descriptive research type.The data sources are three Indonesian language teachers and 32 class VII students at SMP Negeri 3 Banda Aceh.Data will be collected through document research, observation and interviews.Based on the research formulation and research objectives, it can be concluded that the implementation of reflection has not been implemented well at SMP Negeri 3 Banda Aceh. This shows that there are still few teachers who carry out research on reflection.Actually, it is very disappointing, but it is very likely that this will be reflected by the teacher. Therefore, it is hoped that teachers can carry out learning reflection according to the teaching module so that they can understand the benefits of learning reflection. Finally, teachers need support to further improve the quality of their learning so they can gain benefits in the teaching and learning process.
Keywords: reflection, learningFull Text:
PDFReferences
Daryanto, & Dwicahyano, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27-31.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96.
Suryana, D. (2013). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri N0. 58 Tahun 2009. PEDAGOGI Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume XII(1), 40–46.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Yulianto, Eko, Fitria Fatichatul Hidayah, Enade Perdana Istyastono, & Yosef Wijoyo. 2018. Analisis Refleksi pada Pembelajaran: Review Research. Seminar Nasional Edusaintek ISBN : 978-602-5614-35-4.
DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v5i1.17885
Article Metrics
Abstract Views : 67 timesPDF Downloaded : 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats