ANALISIS TAHAPAN ISU GETARAN MESIN PLMTG ARUN-2 OLEH HUMAS PT. SUMBER DAYA SEWATAMA DALAM MERESPON KELUHAN MASYARAKAT LINGKUNGAN

M Agung Setiawan, Anismar Anismar, Ade Muana Husniati, Awaludin Arifin

Abstract


Adapun judul penelitian ini adalah “Analisis Tahapan Isu Getaran Mesin PLTMG Arun 2 Oleh Humas PT. Sumber daya Sewatama Dalam Merespon Keluhan Masyarakat Lingkungan”. Adapun data yang telah diperoleh adalah data bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari berupa observasi, wawancara yang berstruktur, analisi data, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Model yang digunakan sebagai sebagai pendukung analisis adalah model proses manajemen isu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana analisis tahapan isu getaran mesin PLTMG Arun 2 oleh humas PT. Sumber daya Sewatama dalam merespon keluhan masyarakat lingkungan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Isu yang menimpa PT. Sumber daya Sewatama merupakan isu-isu selektif, yakni isu-isu yang hanya memengaruhi kelompok tertentu. Isu yang berkembang dimasyarakat juga merupakan isu fakta, isu fakta adalah isu yang kebenaran nya tidak perlu dipertentangkan lagi. Kemudian Humas PT. Sumberdaya Sewatama melakukan manajemen isu di setiap tahapan isu untuk menangani keluhan masyarakat dan juga memperbaiki hubungan dengan masyarakat lingkungan agar mencegah timbulnya kembali isu-isu yang baru di masa yang akan datang.


Keywords


Analisis, Isu, Humas PT. Sumber daya Sewatama, Masyarakat Lingkungan.

References


Adhitya, Robby, dkk.2018. Analisis Tugas Pokok dan Fungsi Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.3, No.1: 325-336.

Akhmaddhian, Suwaridan Anthon Fathanudien.2015. Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi. Jurnal Unifikasi. Vol. 2, No. 1: 67-90.

Amanda. 2020. Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Journale Of Advertising. Vol.1, No.1: 1-135.

Atmaja, Romi. 2017. Strategi Manajemen Isu Humas Rsu Dr Pirngadi Medan dalam Menangani Pemberitaan Negatif. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara.

Hestiana. 2020. Strategi Komunikasi Humas Pemkot Surakarta dalam Mengatasi Kesimpangsiuran Berita Krisis Pandemi Covid 19 Di Kota Surakarta pada Periode Maret 2020-Juni 2020. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hidayat, Desriadi. 2020. Warga Meuria Paloh Demo Operator PLTMG Arun 2 PT Sewatama Keluhkan Suara Bising dan Getaran. Diaksespada 17 September 2021, Dari https://analisaaceh.com/warga-meuria-paloh-demo-operator-pltmg-arun-2-pt- sewatama-keluhkan-suara-bising-dan-getaran/

Junaidi, Achmad. 2015. Analisis program siaran berita berjaringan di programa 1 rri samarinda dalam menyampaikan berita dari kawasan perbatasan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.3, No.2: 278-292.

Lexy J. Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Lexy J. Moleong. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Pramesti, Tri Jata Ayu. 2013. Dasar Hukum Kewajiban Perusahaan Menjaga Lingkungan. Diakses pada 12 Desember 2021. Dari https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt51c8753fef0ba/dasar-hukum-kewajiban-perusahaan-menjaga-lingkungan.

Prayudi.2016. Manajemen Isu dan Krisis. Yogyakarta: LPPM UPN Veteran.

PT. Sumberdaya Sewatama. Diakses pada 17 September 2021, dari https://sites.google.com/site/ptdoemitrathofikajaya/pelanggan/pt-sumberdaya-sewatama.

Ratih, Cokorda Istri Sinta Sukma, dkk. 2014. Strategi Humas PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Dalam Membangun Citra dan Reputasi Positif Pada Publik Eksternal. Jurnal FISIP Universitas Udayana. Hal: 1-12.

Rumimpunu, Marlanny. 2014. Strategi Humas dalam Mensosialisasikan Program Listrik PintarPT. PLN (Persero) Wilayah Sulut tenggo Di Ranotana .Jurnal Acta Diurna Komunikasi, Vol. 3, No. 1:1-12.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini dan PurnomoSetiady.2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: BumiAksara.

Yulianto, Achmad Riski. Strategi Komunikasi Manajemen Isu Publik Pemerintah ProvinsiJawaTimur. Skripsi. Surabaya: Universitas Bhayangkara.

Yunus, Muhammad. 2020. Strategi Public Relations Kementrian Agama Republik Indonesia dalam Mengelola isu Agama di Media Massa. Skripsi.Jakarta: UIN Syarif Hidaya


Article Metrics

 Abstract Views : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License