HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TAYANGAN IKLAN HANDPHONE DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Dea Aprillia, Muhammad Ali

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara intensitas menonto tayangan iklan handphone ditelevisi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada handphone itu sendiri. Pada penelitian ini hanya dibatasi pada tayangan iklan handphone VIVO, SAMSUNG dan OPPO yang ditayangkan di tiga stasiun televisi  yaitu Trans7, SCTV dan ANTV. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis penelitian ini adalah semakin tinggi intensitas menonton tayangan iklan handphone yang dilakukan mahasiswa maka semakin tinggi pula perilaku konsumsi mereka. Dengan perhitungan skala likert, korelasi produk moment, peneliti mencoba membuktikan hipotesa tersebut. Iklan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku konsumsi  hingga pada tingkat yang disebut konsumtif. Masyarakat berusia remaja sebagai kelompok yang paling mudah dipengaruhi oleh iklan. Artinya jika remaja memiliki kebiasaan menonton tayangan iklan maka dengan mudah perilaku konsumtif mereka terbentuk. Berdasarkan penjelasan diatas, maka peneliti menetapkan variabel-variabel dalam studi penelitian ini. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel dependen dan independen, variabel independen adalah intensitas tayangan iklan handphone dan variabel dependennya adalah perilaku konsumtif. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Pemilihan sampel ini didasarkan pada alasan bahwa Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 merupakan kelompok masyarakat berusia remaja. Dengan prinsip Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan samel sumber data dengan pertimbangan tertentu, maka didapat 75 mahasiswa yang dimaksud ditetapkan menjadi responden penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel intensitas menonton tayangan iklan handphone (X) terhadap perilaku konsumtif (Y). Di peroleh nilai t hitung sebesar 7,378>1,666

 

 

  1. Kata Kunci: Intensitas, Iklan Handphone, Televisi, Perilaku Konsumtif, Teori Kultivasi,   Teori Perilaku Konsumen, Model AISAS

Keywords


Kata Kunci: Intensitas, Iklan Handphone, Televisi, Perilaku Konsumtif, Teori Kultivasi, Teori Perilaku Konsumen, Model AISAS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v12i1.8732

Article Metrics

 Abstract Views : 155 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License