Dramaturgi dalam Penggunaan Second Account di Media Sosial Instagram

Yeni Fransiska Andriani, Muchlis Muchlis

Abstract


Sosial media menjadi sumber informasi bagi masyarakat bersanding dengan media lainnya seperti televisi, rdio dan sebagainya. Salah satu media sosial paling populer saat ini adalah instagram. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi instagram juga turut membuat mengapa instagram begitu populer. Munculnya fnomena second account sebenarnya terbilang baru terkait dengan semakin populernya sosial media instagram. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana penggunaan second account di instagram pada kalangan  mahasiswa yang bergabung di paguyuban Ikatan Mahasiswa Labuhanbatu jika ditinjau dari teori dramaturgi. Di dalam teori dramaturgi, terdapat konsep front stage (panggung depan) dan back stage (panggung belakang). Dalam front stage, Goffman membedakan antara setting dan frontal personal. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Goffman dimana terdapat perbedaan penggunaan pada panggung depan second account bila dibandingkan dengan panggung depan akun utama dan panggung depan walaupun tidak terjadi keseluruhan dan secara umum second account digunakan sebagai berkarya aupun ekspresi dirinya dalam sisi yang berbeda. Second account instagram menjadi tempat informan bebas mengekspresikan diri mereka tanpa ada yang dikhawatirkan. Biasanya nama akun kedua mereka pun tidak dengan nama aslinya, tetapi menggunakan nama-nama yang unik.


Keywords


Dramaturgi, Akun Kedua dan Instagram

Full Text:

PDF

References


Anggara T, P. (2019). Self-presenting pada media sosial instagram dalam tinjauan teori dramaturgi erving goffman. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan

Aprilliyani, L. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Eksistensi Diri Remaja Putri Jakarta. Jakarta. Skripsi. Universitas Prof. Dr Moestopo (Beragama).

Creswell, John. W. 2016. “Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi keempat.”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, R,dkk. (2018). Dramaturgi Dalam Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 8, No 3. 340-347. Di akses pada 26/12/2021 (https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/5671)

Difika, F. (2016). Dakwah Melalui Instagram (Studi Analisis Materi Dakwah Dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham). Walisongo Respository, 11–36. Di akses pada 14/12/2021 (http://eprints.walisongo.ac.id/6462/)

Dwi, R., & Alnashava, p. (2018). Dramaturgi Dalam Media Sosial : Second Account di Instagram Sebagai Alter Ego. Jurnal ilmu komunikasi9 (3), 340-347

Harymawan, R.M.A. 1993. Dramaturgi. Bandung. Remaja Rosdakarya

Iqbal, M (2018). Pengaruh Instagram Terhadap Eksistensi Diri Di Dunia Maya. Skripsi. Lhokseumawe. Universitas Malikussaleh

Moloeng, lexy j (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber. Jakarta : Prenadamedia Group.

Permana, T. C., & Prihartanti, N. (2020). Hubungan Antara Eksistensi Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram. Di akses pada 12/10/2021 (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83338)

Restuningrum, P, I, dkk. ( 2019). Presentasi diri pemilik dua akun instagram di akun utama dan akun alter. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 7, no 4. 471-376. Di akses pada 15/11/2021 (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24960)

Sakti, B. C., Yulianto, M., (2013). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 6, No 4. 1–12. Di akses pada 24/11/2021 (https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21950)

Sunarto, Kamanto. (2018). Pengantar Sosiologi (edisi revisi). Jakarta. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, S. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, 2(1),50–62. Di aksespada 26/12/2021 (http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3519)




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v12i1.8136

Article Metrics

 Abstract Views : 1536 times
 PDF Downloaded : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License