KOMUNIKASI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (PEKAN) DI KEUDE BULOH BLANG ARA KECAMATAN KUTA MAKMUR

M Taufiq, Masriadi Masriadi, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini dengan judul komunikasi pedagang pasar tradisional (pekan) Di keude buloh blang ara Kecamatan. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 (sepuluh) orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Integrated marketing communication (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran pedagang pasar pekan tradisional di Keude Buloh Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur yaitu penjualan langsung melalui tatap muka dengan pelanggan maupun menggunakan aplikasi watshaap terutama untuk promosi penjualan, mengikat hubungan dengan pelanggan terutama pelanggan-pelanggan baru. Dalam hal ini, penjual berupaya untuk membantu atau membujuk calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Komunikasi yang terjadi antara pedagang dengan pembeli, adalah dengan konsep tatap muka, dimulai oleh pedagang dengan menawarkan jualan secara langsung kepada pembeli.

Keywords


Komunikasi, Pedagang,Tradisional.

Full Text:

PDF

References


Akhmad, 2007. Ekonomi Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Djamarah, Bahri Syaiful, 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga.

Reneka Cipta, Jakarta.

Effendy, Onong Uchyana, 2003. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi dan Praktik. Graha Ilmu, Jakarta. Hariyono, Paulus, 2007. Sosiologi Kota Untuk Arsitek. Bumi Aksara, Jakarta. Kasmir, 2016, Kewirausahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kennedy, dan Soemanagara, 2006. Strategi Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan, Alfabeta : Bandung.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Indeks, Jakarta .

Kensil, C.S.T. dan Christine S.T. Kansil, 2008. Pokok-pokok Pengetahuan Hukum Dagang Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta.

Kotler, Philip dan A.B Susanto, 2009. Manajemen pemasaran di Indonesia Analisis, perencanaan, Implementasi dan pengendalian, Salemba Empat, Jakarta.

Moleong, Lexy, J., 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zainal Mukarom, Zainal, 2015. Manajemen Public Relation Paduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat”, Pustaka Setia, Bandung.

Mulyana, Deddy, 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pareno, S. A. 2002. Kuliah Komunikasi. Papyrus, Surabaya.

Purwanto, Djoko, 2011. Komunikasi Bisnis. Erlangga Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta.

Riyanto, Agus, 2011, Buku Ajar Metodologi Penelitian, EGC, Jakarta.

Shimp, Terence, 2007. Periklanan Promosi ( Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, edisi Terjemahan, Erlangga, Jakarta.

Simamora Henry, 2000. Manajemen Pemasaran internasional. Salemba Empat, Jakarta.

Sudarmo, Indriyo Gito, 2014. Manajemen Pemasaran, BFFE, Yogyakarta

Soejanto, A., 2005. Psikologi Perkembangan. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiharsono, dkk., 2000. Ekonomi. Grafindo Media Pratama, Jakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet XIV. Alfabeta, Bandung.

Suyatno, Bagong dan Kanarji, 2005. Kemiskinan dan Kesenjangan Sosial: Ketika Pembangunan Tak Berpihak Pada rakyat Miskin. Airlangga University Press, Surabaya.

Swasta, Basu dan Irawan, 2004, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi, Yogyakarta.

Widjaja, A.W., 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Bumi Aksara, Jakarta.

Wursanto, 2005. Dasar-Dasar Ilmu Komunikasi. Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4883

Article Metrics

 Abstract Views : 731 times
 PDF Downloaded : 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License