KONSTRUKSI IDENTITAS KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA HALAL ACEH
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana identitas komunikasi pariwisata halal Aceh yang mulai diperkenalkan kepada publik sejak tahun 2016 dikonstruksikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh beserta tim pariwisata halal Aceh yang terdiri dari banyak elemen baik swasta, akademisi maupun pemerintahan Aceh itu sendiri. Brand pariwisata Aceh ini mengusung tema Islam yang Rahmatan Lil’alamin (rahmat bagi semesta alam) sebagai semangat bersama untuk memajukan industri pariwisata Aceh, sebagai cahaya benderang yang mengajak pada nilai-nilai kebaikan, kemakmuran, dan memberikan manfaat serta kebaikan bagi semua pihak yang tercermin melalui program-program pariwisatanya. Semangat dalam membentuk identitas pariwisata Aceh dengan tagline the light of Aceh atau Cahaya Aceh secara perlahan ingin merubah pandangan publik terhadap citra buruk syariah yang digambarkan oleh media selama ini yang dikemas dalam sebuah branding baru “the light of Aceh”. Penelitian dengan paradigma konstruktivisme ini menjadikan pihak internal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh beserta tim publikasi, tim pariwisata halal dan stakeholders eksternal lainnya yang ada di industri pariwisata Aceh sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dijalankan oleh Disbudpar Aceh dalam mengkonstruksi destinasi wisata halal aceh dengan memanfaatkan social media terutama Instagram sangat kekinian dan tepat sasaran, disamping penggunaan media lainnya serta dibantu dengan bentuk komunikasi tatap muka. Hal ini tampak pada beberapa prestasi yang diperoleh baik pada tingkat nasional, maupun internasional atas upaya yang telah dilakukan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana.
Flew, Terry. (2008). New Media: An Introduction. Oxford University Press.
Hasan, Ali. (2015). Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS.
Koswara, Aang. (2013).City’s Branding ala Munich. Bandung: Rosda.
McQuail, Denis (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Nadlir, Moh. (2018). Gara-gara Isu LGBT, Aceh International Marathon 2018 Sepi Pendaftar. https://nasional.kompas.com/read/2018/02/13/19113441/gara-gara-isu-lgbt-aceh-international-marathon-2018-sepi-pendaftar
Patton, M. (2002). Qualitative Research and Evaluation Methods, Third Edition, CA: Sage.
Suryatna, Asep. (2019) Komunikasi Pemasaran. Banten: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v9i1.3099
Article Metrics
Abstract Views : 715 timesPDF Downloaded : 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License