ANALISIS PESAN MOTIVASI PADA SERIAL ANIMASI IBRA EPISODE "INSECURE"

Ahamad Ya'cob, Masriadi Masriadi, Cut Andyna, Zahari Zahari, jafaruddin jafaruddin, Asmaul Husna

Abstract


Penelitian ini menganalisis pesan motivasi dalam serial animasi "Ibra" episode "Insecure" dengan menggunakan teori hirarki kebutuhan Maslow. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah pada scene-scene yang mengandung pesan motivasi terkait dengan kebutuhan dasar manusia menurut teori Maslow, seperti keamanan, dukungan sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 7 scene yang dianalisis, 4 di antaranya mengandung pesan motivasi yang dapat dikaitkan dengan teori Maslow. Scene pertama memperlihatkan Ibra menjelaskan makna salat Jamak, menekankan kepatuhan terhadap ajaran agama yang memenuhi kebutuhan akan keamanan dengan memberikan stabilitas, perlindungan emosional, dan ketenangan batin. Scene ketiga menggambarkan Ibra menasehati Hoho untuk tidak membuat Tokek sedih, menekankan pentingnya dukungan sosial yang memenuhi kebutuhan akan hubungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan emosional serta harga diri. Scene keempat menunjukkan Ibra memberikan motivasi kepada Tokek melalui kisah inspiratif, yang membantu meningkatkan motivasi, harga diri, dan pengembangan identitas. Scene keenam menunjukkan Ibra memuji Tokek atas keberhasilannya naik kelas, berfokus pada pentingnya pengakuan terhadap pencapaian yang meningkatkan harga diri dan memotivasi individu untuk mencapai potensi penuh mereka. Secara keseluruhan, serial animasi "Ibra" berhasil menyampaikan pesan motivasi yang kuat melalui dialog antar karakter, mengilustrasikan bagaimana berbagai bentuk motivasi memenuhi kebutuhan dasar manusia menurut teori Maslow. Animasi ini memberikan pelajaran moral dan motivasional yang signifikan, menggarisbawahi pentingnya animasi sebagai alat edukatif yang menghibur dan memberikan nilai tambah bagi penonton.

Keywords


Kata Kunci: Animasi Ibra, Pesan Motivasi, Scene , Teori Maslow

References


Aurellie, F. S., &, & Hidayanto, S. (2023). Analisis Pesan Motivasi pada Film CODA ( 2021 ). Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 6(1), 103–125.

Dewandra, F. R., & Islam, M. A. (2022). Analisis Teknik Pengambilan Gambar One Shot Pada Film 1917 Karya Sam Mendes. Jurnal Barik, 3(2), 242–255.

Hendri, N. (2014). Teknik Animasi. Universitas Negeri Padang.

Maulida, R. (2023). Penggunaan Media Film Animasi Ibra Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak. Universitas Negeri Maulana Hasanuddin Banten.

Pasaribu, A. (2017). Merayakan Film Nasional. Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru (Cetakan ke). Ar-Ruzz Media.

Sagala, R. A. (2024). Citral laki-laki Batak dalam film Ngeri_Ngeri Sedap (Analisis Semiotika Roland Barthes). Universitas Malikussaleh.

Sari, E. &, & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan Hierarki Abraham Maslow Pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madura (PG Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 6(1), 58–77.

Sri, N. (2023). Representasi Pesan Pendidikan Pada Masyarakat Terpencil Dalam Film Sokola Rimba Karya Butet Manurung. Universitas Malikussaleh.

Tamimy, F. (2019). Analisis Wacana Pesan Motivasi Dalam Film “Tentang Kamu” Karya Tere Liye (2016). Universitas Malikussaleh.

Wahyuningsi, S. (2019). Film & Dakwah. Media Sahabat Cendekia.


Article Metrics

 Abstract Views : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License