KARAKTERISASI MATERIAL CAMPURAN SiO2 DAN GETAH FLAMBOYAN (Delonix regia) SEBAGAI MATERIAL COATING PENCEGAH KOROSI PADA BAJA

Agus Rochmat, Bima Purama Putra, Ela Nuryani, Marta Pramudita

Abstract


Korosi merupakan penurunan mutu logam akibat reaksi elektrokimia dengan lingkungannya. Salah satu cara untuk mencegah korosi yaitu dengan cara coating. Coating (pelapisan) merupakan cara melapisi logam dengan suatu bahan, agar logam tersebut terhindar dari korosi. Saat ini banyak penelitian dilakukan menggunakan paduan silika dengan polimer alam, salah satunya penggunaan getah flamboyan.Flamboyan ini memiliki sifat fleksibel dan stabil. Sementara itu material silika terus dikembangkan sebagai materialcoating karena bersifat ramah lingkungan serta bernilai ekonomis. Pembuatan materal coating tersebut dengan cara memadukan silika yang berasal dari waterglass dan getah flamboyan kemudian dilakukan pencelupan baja dengan metode dip coating. Komposisi silika dengan getah flamboyan yang digunakan yaitu 60 :40, dengan konsentrasi waterglass yaitu 30%. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, bahwa pengaruh asam, basa, dan garam menyebabkan laju korosi meningkat. Semakin kecil pH larutan Laju korosi terbesar terjadi pada larutan asamsulfat dengan nilai 0.00348 g/cm2.jam. Sementara pada uji lingkungan diperoleh laju korosi 1,6E-05 gr/cm2 jam atau 0.179 mm/tahun dimana dalam standar ketahanan korosi material coating ini termasuk dalam range good.


Keywords


Korosi;Coating;Silika;pH

Full Text:

PDF

References


Afandi, Yudha Kurniawan, dkk. 2015. Analisa Laju Korosi pada Pelat baja Karbon dengan Variasi Ketebalan Coating. Surabaya : Institut Sepuluh November (ITS).

Ambarwati dan Vicky Samsadi. Pelapisan hidrofobik kaca dengan metode Sol-Gel Berbasis Waterglass. Surabaya : Institut Sepuluh November (ITS).

Dahlan, Dahyunir dan S. Pravita, Anggi. 2013. Analisis Sifat Hidrofobik dan Sifat Optik Lapisan Tipis TiO2. Padang : FMIPA Universitas Andalas.

Dewi, Ika Marcelina Sari, dkk. Studi Perbandingan Laju Korosi dengan Varian cacat Coating pada Pipa ALI 5L Grade X65 dengan Media korosi NaCl. Surabaya : Institut Seputuh November (ITS).

Fontana, Mars Guy.1986. Corrosion Engineering. Singapore : Mc-Graw-Hill

Book Co.

Ichwani, M. Rizky. 2014. Pengaruh Kekasaran Permukaan Terhadap Laju Korosi Baja 5L dalam Larutan Asam,Basa, dan Garam. Malang :Universitas Brawijaya.

Prasetya, Hendra, dkk. 2011. Optimasi Proses sand blasting Terhadap Laju

Korosi Baja Aisi 430. Universitas Brawijaya.

Syarifudin, Umar dan Tiyas, Wahyu Dianing. 2014. Pembuatan SiO2-Getah Flamboyan (Delonix Regia) sebagai MaterialCoating Pencegah Korosi. Cilegon : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Trethewey, K. R. dan Chamberlain, J. 1991. Korosi untuk Mahasiswa dan Rekayasawan. Jakarta : PT. Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v5i2.87

Article Metrics

#### view : 467 times
PDF 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.