Karakterisasi Bahan Bakar Dari Sampah Plastik Jenis High Density Polyethelene (HDPE) Dan Low Density Polyethelene (LDPE)

Eddy Kurniawan, Nasrun Nasrun

Abstract


Plastik merupakan salah satu jenis polimer yang bahan dasarnya secara umum adalah Polipropilena (PP), Polietilena (PE), Polistirena (PS), Poli Metil Metakrilat (PMMA), High Density Polyethylene (HDPE) dan Low Density Polyethylene (LDPE). Plastik adalah senyawa polimer yang terbentuk dari polimerisasi molekul-molekul kecil (monomer) hidrokarbon. Penggunaan sampah plastik sebagai bahan untuk menghasilkan bahan bakar minyak merupakan suatu alternatif yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari sampah plastik, disamping itu juga dapat menyelesaikan salah satu masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik bahan bakar minyak yang dihasilkan dari sampah plastik jenis High Density Polyethylene (HDPE) dan Low Density Polyehthylene (LDPE) dengan proses pirolisis. Variabel metodologi penelitian yang dilakukan meliputi; waktu pirolisis selama 60 menit dan suhu pirolisis adalah 400, 420, 440, 460, 4800C. Pengujian terhadap bahan bakar minyak didasarkan pada standar mutu bahan bakar minyak di Indonesia yaitu nilai kalor, titik nyala, kadar abu, dan kadar air. Hasil penelitian menunjukkan bahan bakar minyak memiliki nilai kalor sebesar 10.814,829 kcal/kg untuk minyak dari plastik HDPE dan 10.674,728 kcal/kg untuk minyak dari plastik LDPE, titik nyala 56,10C-60,50C, kadar abu 0,03%-0,17% dan kadar air yang diperoleh sebesar 0,01%-0,05%. Hasil analisa komposisi menggunakan GC-MS diperoleh komposisi yang paling dominan pada bahan bakar minyak dari plastik HDPE adalah C9H18 yaitu sebesar 54,61% dan untuk bahan bakar minyak dari plastik LDPE komposisi C9H18 yaitu sebesar 55,63%. Yield (produk) terbanyak diperoleh pada suhu pirolisis 4800C yaitu 59,4% dari sampah plastik jenis HDPE dan 59,7% dari sampah plastik jenis LDPE.

Keywords


Sampah plastik;High Density Polyethylene (HDPE);low density Polyehylene (LDPE),;pirolisis;bahan bakar minyak

Full Text:

PDF

References


Aprian, R. P. dan Munawar A., 2012, “Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Minyak Menggunakan Proses Pirolisis”, Jurnal Prodi Teknik Lingkungan FTSP UPN Veteran, Jatim.

AR Hakim, 2012, “Pemanfaatan Limbah Padat (plastik) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Bahan Bakar Pengganti Bensin”. Jurnal Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UPN “Veteran” Jatim.

Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas Bumi, 2004, “Standar Mutu Bahan Bakar Minyak Indonesia”, Jakarta.

Puspita, 2013, “Informasi Energi Indonesia”, Jurusan Teknik Lingkungan FTSP UPN Veteran, Jatim.

Rodiansono, Trisunaryanti,W.,dan Triyono, 2007, “Pembuatan dan Uji Aktivitas Katalis NiMo/Z pada Reaksi Hidrorengkah Fraksi Sampah Plastik menjadi Fraksi Bensin”, Berkala MIPA, 17, 2.

Sakata, Y., Uddin, M.,A, & Muto, A. (1999). “Degradation of Polyethylene and Polypropylene into Fuel Oil by Using Solid Acid and Non-Acid Catalysts”. J. Anal. App. Pyrol., Vol 51, No. 1-2.P.135-155.

Syafari, 2011. “Proses Pembuatan Biodiesel Dari Minyak Kelapa Dengan Metode Transesterifikasi”, Skripsi Jurusan Tenik Kimia, Universitas Malikussaleh, Aceh.

Syafitri, C. 2001, “Analisis Aspek Sosial Ekonomi Pemanfaatan Limbah Plastik”, Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Tjokrowisastro, E. H., dkk, 1990, “Teknik Pembakaran Dasar Dan Bahan Bakar”, Diktat ITS-Surabaya.


Article Metrics

#### view : 475 times
PDF 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.