Pengaruh Penggunaan Elpiji Sebagai Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Bensin
Abstract
Elpiji merupakan salah satu bahan bakar alternatif untuk motor bakar yang lebih
ramah lingkungan dibandingkan dengan bensin. Hal ini telah menjadikannya
sebagai bahan bakar alternatif untuk mengurangi emisi disektor transportasi.
Perubahan jenis bahan bakar digunakan dari bahan bakar bensin menjadi bahan
bakar elpiji akan mempengaruhi unjuk kerja yang dihasilkan oleh motor bakar,
yang diakibatkan oleh perubahan karaktristik bahan bakar. Dengan demikian,
tujuan dari makalah ini adalah membandingkan unjuk kerja yang dihasilkan oleh
motor bakar dengan menggunakan bahan bakar elpiji pada kondisi operasi wide
open throttle pada berbagai putaran poros motor bakar. Pengujian juga
dilakukan dengan menggunakan bahan bakar bensin, yang digunakan sebagai
data acuan untuk perbandingan unjuk kerja. Hasil pengujian diperoleh,
penggunaan elpiji sebagai bahan bakar dapat meningkatkan meningkatkan
efisiensi motor bakar rata-rata sebesar 6,6%. Hal ini sangat memungkinkan elpiji
digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk motor bakar konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borman, G. L., and Ragland, K. W. (1998). Combustion Engineering. United States of America: McGraw-Hill.
Ceviz, M. A., Kaleli, A., and Güner, E. (2015). Controlling LPG temperature for SI engine applications. Applied Thermal Engineering, 82(0), 298-305.
Ceviz, M. A., and Yüksel, F. (2006). Cyclic variations on LPG and gasolinefuelled lean burn SI engine. Renewable Energy, 31(12), 1950-1960.
Erku!, B., Sürmen, A., and Karamangil, M. ". (2013). A comparative study of carburation and injection fuel supply methods in an LPG-fuelled SI engine. Fuel, 107(0), 511-517.
Ferguson, C. R., and Kirkpatrick, A. T. (2001). Internal Combustion Engines, Applied Thermosciences (2nd ed.): Wiley.
Ganesan, V. (2004). Internal Combustion Engines (2nd ed.). Asia: McGraw-Hill Education.
Gumus, M. (2011). Effects of volumetric efficiency on the performance and emissions characteristics of a dual fueled (gasoline and LPG) spark ignition engine. Fuel Processing Technology, 92(10), 1862-1867
DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v6i2.474
Article Metrics
Abstract Views : 302 timesPDF Downloaded : 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asnawi Asnawi, Adi Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN:2580-5436 |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |