Optimasi Pengendalian Flow Control DEA Absorber Menggunakan Proportional Integral Derivative (PID) Control Dengan Metode Respon Surface Methodology (RSM)

Muhammad Muhammad, Azizi Maharani, Maulinda Leni

Abstract


Absorbsi merupakan salah satu cara untuk memisahkan atau mengurangi suatu konsituen dalam fasa gas dengan menggunakan solvent atau penyerap tertentu secara relative yang dapat melarutkan atau menyerap konsituen yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan nilai Kc, Ti dan Td terbaik pada kontrol PID DEA absorber Perta Arun Gas. Sistem kontrol Proportional, Integral and Derivative (PID) merupakan controller untuk menentukan presisi suatu sistem instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem tersebut (Feed Back). Response Surface Methodology (RSM) atau metode permukaan respon adalah sekumpulan metode-metode matematika dan statistika yang digunakan dalam pemodelan dan analisis, yang bertujuan untuk melihat pengaruh beberapa variabel kuantitatif terhadap suatu variabel respon dan untuk mengoptimalkan variabel respon tersebut. Adapun metodologi dari penelitian ini adalah membuat model steady state DEA absorber menjadi model dynamic, lalu membuat model kontrol PID, setelah itu melakukan tuning terhadap kontrol PID dan melakukan pengujian terhadap kontrol PID dengan melakukan gangguan pada PV. Hasil dari pengaplikasian sistem kontrol PID maka mendapatkan waktu tercepat dengan nilai Kc = Kc = 0,1, Ti = 0,01, dan Td = 0,00001 dengan waktu 0,510 menit.

 

Kata kunci: Absorbsi, PID, Present Value, Controller


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, S. (2009). SIMULASI KENDALIAN FLOW CONTROL UNIT G . U . N . T TIPE 020 DENGAN PENGENDALI PID Abstrak.

Julie Levine, G. D. (2013). Jump Start : Aspen HYSYS ® Dynamics V8.

Levine, J., Technology, A., Dissinger, G., Management, P., & Technology, A. (2013). Jump Start : Aspen HYSYS ® Dynamics V8.

Xue, D. (2007). PID Controller Design.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v7i2.1255

Article Metrics

 Abstract Views : 1092 times
 PDF Downloaded : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Muhammad, Azizi Maharani, Maulinda Leni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats