IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DI KABUPATEN SIDOARJO

Khoirul Anam, Isnaini Rodiyah

Abstract


Pendidikan di Indonesia sebenarnya telah menjadi perhatian khusus untuk dilihat bagaimana akses pemerataan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Dalam akses pemerataan, yang perlu diperhatikan yaitu persamaan kesempatan dan keadilan dalam memperoleh pendidkan. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan sistem pendidikan yang berkualitas dan mudah untuk diakses dengan menerapkan pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Sidoarjo telah berjalan dengan baik dan terorganisir secara maksimal. Hal ini dapat dilihat dari dibuatnya suatu petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan sebagai landasan operasional pihak sekolah sebagai penyelenggara dan pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru. Jalur zonasi dalam PPDB telah merubah adanya kasta suatu sekolah di masyarakat. Hal ini tentunya akan mampu mewujudkan kualitas dan kuantitas pendidikan nasional kita secara adil dan merata. Pada intinya pendidikan adalah hak segenap anak bangsa, dijamin oleh konstitusi dan diamanatkan dalam suatu cita-cita kemerdekaan Bangsa Indoesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pelayanan publik dibidang Pendidikan sebenarnya sudah menjadi perhatian khusus di Indonesia untuk melihat sejauhmana pemerataan pendidikan dapat dirasakan bagi semua lapisan masyarakat Indonesia. Untuk mewujudkan pemerataan pendidikan, maka perlu memperhatikan kesamaannya yaitu keadilan dan kesempatan untuk mendapatkan pendidkan yang sama. Pemerintah terus berusaha melakukan pembenahan agar terwujudnya sistem pendidikan yang mempunyai kualitas dan mudah untuk diakses bagi masyarakat Indonesia dengan adanya program zonasi di dalam penerimaan peserta didik baru. Untuk pelaksanaan PPDB yang ada di Kabupaten Sidoarjo telah terlaksana secara baik dan sudah diselenggarakan dengan semaksimal mungkin. Dalam hal ini terlihat dari dibuatkanya petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaanya sebagai landasan dalam operasional pihak sekolah sebagai eksekutor dalam program tersebut. Salah satu tujuan dari dibentuknya jalur zonasi adalah untuk mengubah keberadaan kasta sekolah favorit dan non favorit di suatu daerah. Hal ini tentu akan dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkuantitas secara merata diseluruh Indonesia, karena hakikat memperoleh pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara, sesuai dengan cita-cita kemerdekaan bangsa yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945.


Keywords


Implementation, Policy, Zoning System, Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., Helpiastuti, S. B., & Wahono, P. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMP di Kecamatan Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5234–5241.

ANITA LIE. (2023). Orang Muda dan Meritokrasi. MERITOKRASI.

Aplikasi, J. (2002). Public policy. Presstime, 24(11), 16.

H Kara, O. A. M. A. (2014). Implementasi peraturan walikota nomor 12 tahun 2018 tentang tarif sewa Rusunawa di Penjaringansari tahap II dan III kota Surabaya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

kemendikbud. (2021). Daftar Tanya Jawab Kebijakan Zonasi Tahun Ajaran 2020/2021. Kemendikbudristek.

Mail, M. J., & Mail, M. D. (2022). Bahasa Daerah Dan Bahasa Indonesia; Nasionalisme Atau Fanatisme. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 3(1), 106–118. https://doi.org/10.29103/jspm.v3i1.5987

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook(Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.) (3rd ed.). Sage Publications.

Muzakkir, M., & Yunanda, R. (2021). Strategi Orang Tua Keluarga Miskin dalam Meningkatkan Pendidikan Anak. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 1(1).

Novrijayanti, I., Astika, Y. W., Sari, M., & Jesika, S. (2021). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Melalui Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Kualitas Pendidikan. Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora, 4(2), 71. https://doi.org/10.56957/jsr.v4i2.161

Nst, W. R. (2021). Sosiologi Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Dana Zakat. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 7(1), 31–40.

Nurany, F. (2022). Penerapan Ppdb Online Sistem Zonasi Kota Surabaya Dalam Perspektif Good Governance. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 12(2), 124–132. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.62

Oleh. (n.d.). Penerpan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Dan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Kota Yogyakarta Implementation of the School Zoning System on New Student Admission (Ppdb) and Learning Quality in Junior High School At Yo. 398–405.

Plutzer, M. B. B. and E. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 6.

Rahayu, R. M. L., Reza, R., & Ellyawati, N. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smp Negeri 9 Samarinda Tahun Pembelajaran 2020/2021. Educational Studies: Conference Series, 1(2). https://doi.org/10.30872/escs.v1i2.888

Reza, V., Snapp, P., Dalam, E., Di, I. M. A., Socialization, A., Cadger, O. F., To, M., Cadger, S., Programpadang, R., Hukum, F., Hatta, U. B. U. B., Sipil, F. T., Hatta, U. B. U. B., Danilo Gomes de Arruda, Bustamam, N., Suryani, S., Nasution, M. S., Prayitno, B., Rois, I., … Rezekiana, L. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.

Rizki, T. M., & Ridwan, M. (2023). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Medan. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 14(2), 205–220. https://doi.org/10.23960/administratio.v14i2.408

Setiawati, N. D., & Rahaju, T. (2022). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Ppdb Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Krian Kabupaten Sidoarjo. Publika, 609–620. https://doi.org/10.26740/publika.v10n2.p609-620

Sidoarjo, D. I. K. (2024). Ppdb.

Urrahmi, M., Putri, N. E., Pada, P., Kota, P., & Tahun, P. (2020). Jurnal Mahasiwa Ilmu Administrasi Publik ( JMIAP ). 2(2), 9–17.

Zurriyati, Z., Perangin-angin, A. B., Effendi, F. E., & Tambunan, K. (2023). LANGUAGE ACQUISITION OF 4-5-YEAR-OLD TODDLERS: INDONESIAN AND ENGLISH IN THE COVID-19 ERA. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 4(1), 182–195.




DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v5i1.15724

Article Metrics

 Abstract Views : 288 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khoirul Anam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License