PENGARUH KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN SARANA PRASARANA PERPUSTAKAAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI MTs NEGERI 1 POLEWALI MANDAR

Zakiah Al Munawarah, Muh Wayong, Mardhiah Mardhiah, Musdalifah Musdalifah

Abstract


The library is a place that used to develop and explore the world of education, so librarian competencies are needed and supported by adequate library infrastructure. The purpose of this study was to analyse the effect of the competence of librarians and library facilities on the quality of service at MTsN Polewali Mandar. This study uses quantitative methods and a management approach. The date collection techniques used are questionnaires and documentation. Then, data analysis used descripctive statistical analysis and inferential statistical analysis (classical assumption test, multiple reference analysis, and hypothesis testing). The results of the research on testing the variable competence of librarians and library facilities show that there is a significant influence on the quality of service at MTsN Polewali Mandar by 0,547, or 54,7%.

Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan untuk mengembangkan dan menelusuri dunia pendidikan sehingga diperlukan adanya kompetensi pustakawan dan didukung oleh sarana prasarana perpustakaan yang memadai. Tujuan penelitian ini digunakan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan dan sarana prasarana perpustakaan terhadap kualitas pelayanan di MTsN Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan pendekatan manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Kemudian, analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial (uji asumsi klasik, analisis refresi berganda dan uji hipotesis). Hasil penelitian pada pengujian variabel kompetensi pustakawan dan sarana prasarana perpustakaan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan di MTsN Polewali Mandar sebesar 0,547 atau 54,7%.


Keywords


Librarian Competency, Library Infrastructure, Service Quality.

Full Text:

PDF

References


Darmono. (2007). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Grasindo.

Hukum, D. (n.d.). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007.

Kasmawati, & Asnan. (2022). Pengaruh Sarana dan Prasarana Perpustakaan terhadap Minat Kunjungan Siswa di SMA Negeri 11 Bone. Jurnal Edu-Leadership, Vol. 2(1).

Moenir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. PT. Bumi Aksara.

Nadhifah, K. (2020). Pengaruh Kompetensi Pustakawan terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Jember. Jurnal Pustaka Ilmiah, Vol. 6(1).

Okafor, S. O. (2022). Colonial Vestiges, Indigenous Policy-Logical-Framework, and Sustainable Development in Nigeria. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 3(1). https://doi.org/10.29103/jspm.v3i1.6263

Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan sekolah Profesional. Diva Press.

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka. Graha Ilmu.

Supriyanto, W. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Kanisius.

Theofillius Baratova Axellino Kristanto, & Aishya Putri, A. (2021). Pengembangan Masyarakat berbasis Aset sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Sektor Wisata Kebugaran di Indonesia. Journal of Social Development Studies, 2(2). https://doi.org/10.22146/jsds.2272




DOI: https://doi.org/10.29103/jspm.v4i2.12351

Article Metrics

 Abstract Views : 226 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zakiah Al Munawarah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Redaksi Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM): Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jspm@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License