Sosialisasi Strategi Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa SMA di Aceh

Kurniawati Kurniawati, Dini Rizki, Rizka Mulyawan, Ahmad Fikri, Hanif Hanif, Dedi Fariadi

Abstract


Penguasaan Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang sangat penting di era global dewasa ini.  Kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan menjadi modal yang signifikan  untuk bisa bersaing di masa depan. Di Indonesia, Bahasa Inggris diajarkan sebagai mata pelajaran wajib, namun dengan jam belajar yang terbatas, Selain itu, terdapat kesenjangan antara kemampuan berbahasa Inggris antara para siswa yang tinggal di perkotaan dengan mereka yang bersekolah dan tinggal di daerah yang jauh dari kota atau ibukota kabupaten, seperti di SMA Negeri 1 Langkahan Aceh Utara dan SMA Negeri 9 Takengon Aceh Tengah. Hal ini disebabkan keterbatasan akses terhadap sumber-sumber belajar seperti buku, perangkat teknologi, atau tempat belajar di luar sekolah seperti kursus. Adanya keterbatasan ini juga berdampak pada rendahnya motivasi anak-anak yang tinggal di daerah pelosok untuk belajar Bahasa Inggris yang akhirnya berdampak pada prestasi belajar Bahasa Inggris mereka.  Berangkat dari fakta tersebut, diperlukan  sosialiasi mengenai strategi yang bisa diterapkan dalam rangka belajar bahasa Inggris secara mandiri dengan efektif dan menyenangkan di tengah keterbatasan yang ada bagi siswa yang bersekolah di wilayah yang jauh dari ibu kota kabupaten. Kegiatan ini telah berdampak pada meningkatnya pengetahuan siswa terhadap strategi yang bisa dilakukan untuk belajar Bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa.


Keywords


Sosialisasi, strategi belajar Bahasa Inggris, mandiri, efektif, SMA Negeri 9 Takengon, SMA Negeri 1 Langkahan Aceh Utara

Full Text:

PDF

References


Azhari, T & Sahputri, J (2021) Hubungan Antara Sarana Pendukung, Proses, dan Hasil pembelajaran, Lentera: Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, dan Budaya 5 (2)

Crystal, D. (1997). English as a Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Harlina, H & Nur Yusuf, F (2020) Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20 (3).

Idaryani, I. & Fidyati, F. (2021). The Influence of Digital Technology on Students' Motivation in Learning English Specific Purpose. Journal of English Language and Education, 6(1), 69–81. https://doi.org/10.31004/jele.v6i1.96

Napitupulu, E.L (18 November 2022). Kecakapan Bahasa Inggris Belum Terbangun di Indonesia. Kompas. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/11/17/kecakapan-bahasa-inggris-lebih- terbangun-di-dunia-kerja-bukan-di-sekolah




DOI: https://doi.org/10.29103/jsm.v1i2.13728

Article Metrics

 Abstract Views : 67 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

OFFICE:

Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. email: jsm.fisipol@unimal.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

free web stats
View My Stats