Pelatihan Penulisan Brosur Promosi Wisata dalam Bahasa Inggris untuk Siswa SMK Negeri 1 Takengon, Aceh Tengah

Dini Rizki, Cut Rizka Al Usrah, Kurniawati Kurniawati, Agam Muarif, Mainisa Mainisa, Dewi Kumala Sari

Abstract


Kota Takengon merupakan salah satu kota destinasi wisata yang ada di Provinsi Aceh. Pariwisata yang dikembangkan di kota Takengon meliputi wisata alam Danau Lut Tawar dan agrowisata. Saat ini, Kota Takengon memiliki banyak pengunjung yang bertujuan untuk menikmati panorama alam dan hasil perkebunan kopi dan buah-buahan di Kota Takengon. Namun, banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota wisata ini masih didominasi oleh wisatawan lokal dan nasional. Jika dibandingkan dengan beberapa Kota dan Kabupaten lain di Aceh yang juga merupakan destinasi wisata, Kota Takengon masih memiliki jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang relatif sedikit. Kesiapan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata di Kota Takengon untuk melakukan promosi dan menerima wisatawan mancanegara masih perlu dtingkatkan, baik dari aspek kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, maupun standar pelayanan. SMKN 1 Takengon merupakan salah satu SMK di Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata. SMK N 1 Takengon diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang pariwisata yang nantinya akan berkontribusi pada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke kabupaten Aceh Tengah melalui penyebaran informasi wisata. Pengabdian ini bertujuan untuk dapat memberikan pelatihan penguatan kemampuan dan kecakapan komunikasi pariwiatsa dalam Bahasa Inggris khususnya pada aspek komunikasi promosi wisata dalam Bahasa Inggris yang disampaikan melalui media brosur/flyer objek wisata.


Keywords


Promosi Wisata, Brosur, Bahasa Inggris, Kota Takengon, Siswa SMKN 1 Takengon, Pelatihan, Penulisan.

Full Text:

PDF

References


Arfiga, W., Alqarni, W., & Afrijal, A. (2023). Transformasi Digital Sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Aceh Tengah (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(2).

BPS Provinsi Aceh. (2022). Provinsi Aceh Dalam Angka 2022.

Hasan, K., Adyna, C. A. C., & Bahri, H. (2022). Strategi Media Relations Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah untuk Mempromosikan Destinasi Wisata. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 175-192.

Humas SMKN 1 Takengon. (2019). SMK Negeri 1 Takengon. https://smkn1tkn.wordpress.com/

Husniati, A. M., & Maryam, M. (2020). Konstruksi Identitas Komunikasi Pemasaran Pariwisata Halal Aceh. Jurnal Jurnalisme, 9(1), 62-83.

Kembaren, E. T., & Muchsin, M. (2021). Pengelolaan Pasca Panen Kopi Arabika Gayo Aceh. Jurnal Visioner & Strategis, 10(1).

Suhairi, L., Maryam, S., Kinara, H., Faudiah, N., & Gagarin, Y. (2023). The Relationship between Interest In Following Online Learning With Learning Outcomes In Basic Boga Subjects Department Of Culinary Administration In Vocational High Schools. International Journal of Business, Law, and Education, 4(1), 141–148

Sahrin, A. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Danau Laut Tawar Kota Takengon. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 6(1), 21-33.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsm.v2i1.13541

Article Metrics

 Abstract Views : 65 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

OFFICE:

Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. email: jsm.fisipol@unimal.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

free web stats
View My Stats