PENERAPAN MODEL M-APOS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTsN 4 ACEH TIMUR

Eliza Eliza, Eri Saputra, Herizal Herizal

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa perlu diterapkan model pembelajaran M-APOS yang mendukung salah satunya adalah model pembelajaran M-APOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran M-APOS dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan penelitiannya yaitu non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII MTsN 4 Aceh Timur tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan yang menjadi sampelnya ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis menunjukan skor rataan post-test kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model M-APOS sebesar 34,26, lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pendekatan konvensional sebesar 31,53. Dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,001 yaitu kurang 0,05 sehingga h0 ditolak dan ha diterima. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran M-APOS pada materi Statistika kelas VIII di MTsN Aceh Timur.

 


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model M-APOS, Statistika

Full Text:

PDF

References


Ansori, Hidayah dan Irsanti Aulia. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1) 68-74.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology.

Indarwati, desi. (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 30(1) 24-35.

Kannan, S.B., Sivapragasam, C., & Senthilkumar, R. (2016). A Study On Problem Solving Ability In Mathematics Of IX Standart Students In Dindigul District. International Journal Of Applied Research,2(1), 797-799.

Lestari, K. E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNISKA, 3(2), 45–52.

Lukman. (2018) Penerapan Model Pembelajaran M-APOS Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(3), 20-32

Mawaddah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Generative (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika,8(3) 135-143

Muktar. (2014) Penerapan Model Pembelajaran M-APOS Dalam Pempebelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

NCTM (National Council of Teachers Mathematis). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Saputra, E., Mirsa, R., Yanti, P. D., Wulandari., Husna, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Arsitektur Rumoh Aceh. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 703-717.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yerizon. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pengunaan Pendekatan Modifikasi APOS. Diselenggarakan oleh FMIPA, http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view. 2(1)557-563.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9435

Article Metrics

 Abstract Views : 265 times
 PDF Downloaded : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eliza Eliza, Eri Saputra, Herizal Herizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats