PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBASIS SOFT SKILL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTsS JABAL NUR DEWANTARA

Ulfa Mahera, Mutia Fonna, Wulandari Wulandari, Fajriana Fajriana, Erna Isfayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran metakognitif berbasis soft skill lebih baik dibandingkan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional pada materi penyajian data di MTsS Jabal Nur Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group design. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsS Jabal Nur Dewantara, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas VII/5 dan kelas VII/6. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes kemandirian belajar siswa dengan menggunakan angket kemandirian belajar siswa, observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemandirian belajar siswa menggunakan uji t dua sampel independen karena data berdistribusi normal dan homogen, data diolah menggunakan software MINITAB 16. Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig < 0,05 maka tolak . Dari hasil signifikan statistic Equal variances assumed adalah 0,000 < 0,05 maka tolak  dan terima . Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran metakognitif berbasis soft skill dibandingkan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional pada materi penyajian data.


Keywords


Kemandirian belajar, Pendekatan metakognitif, Soft skill

Full Text:

PDF

References


Abdillah. (2019). Deskripsi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Kesebangunan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.:3-4

Haryati, Feri. (2015). “Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Soft Skill”. Suska Journal of Mathematics Education, Vol.1, No.1, 2015:9-18.

Lestari, Witri dan Sherly Handayani. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik untuk Kelas VII SMP Semester I. Jurnal Analisa, 4(1), 51-60.

Septiani, Ari. (2020). “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Di Mts Negeri 5 Kebumen”. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Purwokerto.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yuliawan, Seta. (2015). Keefektifan PBL Berbantuan Software Multisim pada Peningkatan Kompetensi Perancangan Rangkaian Digital Dasar di SMK N 1 Sedayu. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9433

Article Metrics

 Abstract Views : 176 times
 PDF Downloaded : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ulfa Mahera, Mutia Fonna, Wulandari Wulandari, Fajriana Fajriana, Erna Isfayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats