PERAN MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS V SD

Linda Febrianingrum

Abstract


Media papan perkalian sebuah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi perkalian berulang, dengan menggunakan media papan perkalian dapat melatih anak berpikir cepat dan lebih mudah dalam memahami konsep perkalian. Pada usia siswa sekolah dasar (7-8tahun hingga 12-13 tahun). Menurut teori kognitif piaget termasuk pada tahap operasional konkret. Berdasarkan perkembangan kognitif ini, maka anak usia sekolah dasar pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak. Hasil perbandingan peserta didik yang memahami mata pelajaran matematika yaitu 40%, sedangkan kebanyakan siswa yang tidak memahami yaitu 60%. Melalui media papan perkalian ini, diharapkan siswa

kelas V mampu berpikir aktif dalam memahami konsep perkalian agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika.


Keywords


Pembelajaran Matematika, Media papan perkalian, Hasil Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Afifah, Hasna Nur & Meita Fitrianawati. 2021. Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 2. No. 1. Hlm: 41-47.

Armin, Rusmayani & Waode Hensi Purwati. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II Di SD Negeri 75 Buton. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. Vol. 7. No. 1. Hlm: 81-86.

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1)

Fauhah, Homroul & Brillian Rosy. Analisis Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 9. No. 2. Hlm: 327-328.

Handayani, Indri, dkk. 2019. Pemanfaatan Indeksasi Mendeley Sebagai Media Pengenalan Jurnal STT Yuppentek. Technomedia Journal. Vol. 3. No. 2. Hlm: 237.

Hendrawan, Iwan.2019. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan. Hlm:17.

Hidayat, Taufik.(2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Metedologi Penelitian. Jurnal Study Kasus. Hlm: 1-3.

Khamidin, Ahsanul. 2018. Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Hima dan Prodi PGSD.

Kurniawati, Lailita Nurfi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kleas 2 (1), 105.

Lestari, Shindy. 2021. Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 5 (1), 141.

Nabillah, Tasya & Agung Prasetyo Abadi. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Hlm: 660.

Saputro, Hengkang Bara. 2018. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Konteksual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD, Vol. 5 No. 1, hlm.53-61

Sutriyani, Wulan & Herwin Widyatmoko. 2020. Efektivitas Model PBL (Problem Based Learning) Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara. Vol. 2. No. 2. Hlm: 220.

Yanti, Citra Okatara Devis, dkk. 2019. Media Pembelajaran Matematika Interaktif dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Prosiding Semnafis. Hlm: 202.

Zagoto, Maria Magdalena. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education And Development 3 (1), 53.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7985

Article Metrics

 Abstract Views : 990 times
 PDF Downloaded : 726 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Linda Febrianingrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats