PENGGUNAAN MEDIA POWTOON MATERI BANGUN DATAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Alma Dwi

Abstract


Abstrak

Penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon mata pelajaran matematika pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan media powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan studi literature atau studi kepustakaan dengan mencari referensi teori yang releven dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dilakukan bertempat di SD Negeri 2 Mantingan. Hasil dari penelitian ini pembelajaran video animasi aplikasi powtoon bahwa media pembelajaran powtoon sangat layak dan baik dalam membantu pelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Penggunaan, Powtoon, Hasil Belajar

Full Text:

XML

References


Andriani, Rike dan Rasto. 2019. Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1).

Anjasari, Elly, Donny Dwi Farisdianto, & Abdul Wahid Asadullah. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.5 (2)

Ariyanto, dkk. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam System Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1),

Awalia, Izomi, Aan S. Pamungkas, & Trian P. Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 10(1)

Ernalida, D. (2018). Powtoon: Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi sebagai Upaya dalam Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif. Jurnal Logat, 5(2).

Habsy, Bakhrudin All. 2017. Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2).

Handayani, Putri. 2021. Cara Asyik Belajar Bangun Datar di SD. Bangka Belitung:Guepedia

Hasbulah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Menggunakan Model Problem Base Learning Berbasi Powtoon Siswa Kelas XII IPA 7 SMA N 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 124-131.

Jatiningtias, N. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang. Skripsi UIN Raden Intan Lampung, 76.

Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semeseter 1 SMAN 1 Plere. Universitas Negeri Yogyakarta.

Marlena, dkk (2018). Penyegaran Kemampuan Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Powtoon dan Screen 0 Matic. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol 2, 204-223.

Mudikawaty, Meity dkk.2018. Super Complete SD/MI 4, 5, 6. Depok:Magenta Media

Munir. (2020). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy.

Nabillah, Tasya dan Abadi. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika.

Nurdiansyah, dkk (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civis, 15.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran, Hadist, Syariah dan Tarbiyah. 3(1).

Pais, dkk (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs, 12.

Sabilla, Fani Aprilia, Sony Irianto & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon Di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 6(3).

Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1)

Siregar, A. M& Nurliana, H.2019. Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Yogyakarta: Deepublish

Sutriyani, Wulan. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara. Vol. 2 (1)

Titin, & Ega Safitri. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol.1 (2)

Wahyu Bagja, S., Supriyadi (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogic Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno, Vol 18.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7577

Article Metrics

 Abstract Views : 416 times
 XML Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alma Dwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats