PERANAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENGUKURAN BERAT DI SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pengukuran berat kelas IV di SDN 7 Suwawal dengan menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar telah mengalami peningkatan dan membantu dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyansyah, Abd Aziz dan Nana. 2020. Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational research and Review. 3 (1), 53.
Ariyanti, Dyah, Hariyatmi, dan Supriyanto. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Berat Benda Melalui Media Konkret Pada Siswa Kelas II Semester Genap SDN 01 Tawangmangu. Journal of Education Research. 3 (4), 70-71.
Atiyah, Umi, dkk. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. International Journal of Elementary Education. 3 (1), 51.
Aziz, Abdul & nana. 2020. Peran Mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Jurnal Indonesia pusat penelitian dan review. 3 (1), 47-56.
Bokhove, J. 2017. Anak-anak kita yang muda belajar mengukur dan geometri. Dutch: Utrecht University.
Dadri, P. C. W., dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 3 (2), 87-88.
Firmadani, Fifit. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Konferensi Pendidikan Nasional. 2 (1), 93.
Hamdani, Ibnu Mansyur. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. 40 (1), 3.
Kendri, Ni Nyoman. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tip Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SISWA. Jurnal Pendidikan. 05 (3), 89.
Kholis, Nur. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. 2 (1), 75.
Kistian, Agus. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia. IX (2), 71.
Kurbaita, Zulkardi dan Siroj. 2020. Pengembangan Buku Ajar Matematika Tematik Integratif Materi Pengukuran Berat benda untuk Kelas 1 SD. Jurnal Kreano. 4(2), 1-10.
Listiyonongsih, Elmi dan Dzawil Almaiyah. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Di SDN 2 Banyuurip Ujungpangkah Gresik Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Wahana Pendidikan Dasar. 09 (01), 45.
Milya, Sari & Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Libray Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Bidang IPA dan Pendidikan IPA. 6 (1), 41-53.
Muliandari, Putu Tia Vivi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education. 3 (2), 133-139.
Najib, A., & Rahmat, H. K. 2021. Analisis Pelaksanaan Program Desa Tangguh . Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora. 5 (1), 14-23.
Nourmaningtyas, Happy Prawitasari, Joko Sulianto, dan Aries Tika Damayani. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Open Ended pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas IV di SDN Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 1 (1), 77-78.
Putrawangsa, Susilahudin dan Uswatun Hasanah. 2018. Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Indutri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif. 16 (1), 43-44).
Rosdiati, Khoerunnisa. 2018. Pengaruh Metode Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Rosyidah, Dkk. 2019. Metode Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sobri, Muhammad. 2020. Kontribusi Kemandirian dan Kedisplinan terhadap Hasil Belajar. Bogor : Guepedia.
Sofiyana, Marinda Sari dkk. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Sutriyani, Wulan dan Herwin Widyatmoko. 2020. Efektivitas Model PBL (Problem Based Learning) menggunakan Media Lagu Rumus Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Nusantara. 2 (2), 220.
Tarjo. 2019. Metode Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish.
Yuliarta, I. W., & Rahmat, H. K. 2021. Peningkatan Kesejahteraan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Teknologi sebagai Upaya memperkuat Keamanan Maritim di Indonesia. Jurnal dinamika sosial budaya. 23 (1), 180-189.
Yusrizal, Intan Sa'fiah, dan Nurhaidah. 2019. Kompetisi Guru dalam memanfaatkan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah PGSD. 2 (2), 126-134.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7486
Article Metrics
Abstract Views : 270 timesPDF Downloaded : 83 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Anisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats