PERAN MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI DALAM MATERI SATUAN BERAT SD

Fadhilah Putri Amalia

Abstract


NHT merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota  kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisahan antara siswa yang satu dan siswa yang lainnya dalam satu kelompok untuk saling memberi dan saling menerima. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar dan motivasi dalam materi satuan berat SD, metode penelitian ini yaitu studi kepustakaan atau literatur review bisa disebut suatu riset kepustakaan. Hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Yang harus diingat, hasil belajar adalah perubahan perilaku keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusian saja. Hasil belajar dipengaruhi banyak faktor karena manusia dalam mencapai hasil belajar tidak hanya menyangkut aktivitas fisik saja. Hakikat dari motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada anak didik yang sedang belajar untuk merubah tingkah laku.

Kata kunci: NHT, Studi Pustaka, Peran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.7466

Article Metrics

 Abstract Views : 266 times
 PDF Downloaded : 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadhilah Putri Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats