PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA DISPOSISI MATEMATIS

Rifaatul Mahmuzah, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif matematis, tetapi juga mengembangkan ranah afektif. Aspek penting dalam ranah afektif yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar matematika adalah pandangan positif siswa terhadap matematika atau disebut dengan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen berupa angket atau skala disposisi matematis yang valid dan reliabel. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda aceh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang memiliki lima tahapan yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Skala disposisi matematis yang dihasilkan berupa 40 butir pernyataan yang dikembangkan berdasarkan tujuh indikator disposisi matematis.  Validitas isi dilakukan oleh  3 orang ahli/validator. Sedangkan untuk validitas butir, diolah menggunakan teknik korelasi product momen dan uji t. Hasil pengolahan data, diperoleh 39 pernyataan valid dan satu pernyataan yang tidak valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.92 atau memilki reliabilitas yang tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa skala disposisi matematis memenuhi karakteristik yang memadai untuk digunakan.

 


Keywords


Disposisi Matematis, Skala Disposisi Matematis

Full Text:

PDF

References


Karlimah, K. (2010). Pengembangan Kemampuan Proses Matematika Siswa Melalui Pembelajran Matematika Dengan Pendekatan Tidak Langsung. Jurnal Pendidikan MIPA Universitas Lampung, 13(2).

Katz, L. G. (1993). Dispositions as Educational Goals. ERIC Digest.

NCTM. (2003). Principles and Standarts for School Mathematics. USA: NCTM.

Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), , 59-72.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA.

Wardani, S. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan model Sylver. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7462

Article Metrics

 Abstract Views : 818 times
 PDF Downloaded : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rifaatul Mahmuzah, Aklimawati Aklimawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats