PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PEMINATAN SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Subjek penelitian ini berjumlah 36 orang. Penelitian terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan tes prestasi belajar. Tindakan dikatakan berhasil jika aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada setiap siklus. Hasil penelitian pada lembar pengamatan menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami perbaikan pada setiap pertemuan. Persentase siswa yang mencapai KKM pengetahuan pada skor dasar sebesar 22.22% meningkat menjadi 58,33% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 75% pada siklus kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Share dapat memperbaiki proses dan meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas SMAN 11 Pekanbaru pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-DuMath, 2 (1), 128-137.
Ljubetic, M. (2012). New competences for the pre-school teacher: a successful response to the challenges of the 21st century. World Journal of Education, 2(1), 82.
NCTM. (2009). A Vision for School Mathematics. United State of America: National Council of Teachers of Mathematics. Retrieved from http://www.nctm.org/standars.htm.
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. J Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning Theory Researcht and Practice. Boston: Ally and Bacon.
Sukasari, P. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Singaraja.Skripsi, tidak dipublikasikan. Jurusan Pendidikan Kimia Undhiksa
Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7452
Article Metrics
Abstract Views : 152 timesPDF Downloaded : 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 FITRI AYU NINGTIYAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats