PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsS SYAMSUDDHUHA ACEH UTARA

Hayatul Husna, Herizal Herizal, Wulandari Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi bangun ruang sisi datar di kelas Vlll pada MTSs Syamsudduha Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vlllyang terdiri dari 7 kelas dan sampel yang digunakan yaitu kelas Vlll-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll-7 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan SPSS 18 dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta untuk menguji hipotesis menggunakan independent T-test. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rataan N-gain siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning 0,85 (kategori Tinggi) lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pendekatan saintifik sebesar 0,44 (katagori sedang). Berdasarkan uji independent T-test diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05 maka  ditolak dan diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pendekatan saintifik.

 


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)

Full Text:

PDF

References


Haris, S. A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi. Sulawesi Selatan: Uin Al.

Shanti, W. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui CTL. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 107-108.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk menghadapai tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional matematika X Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yunita. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7439

Article Metrics

 Abstract Views : 205 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hayatul Husna, Herizal Herizal, Wulandari Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats