Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Meriah

Remiyani Berutu, Eri Saputra, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya disebabkan karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada satu arah. Maka dibutuhkan model pembelajaran yang mendukung. Salah satunya model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan the nonequivalent posttest-only control group design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas XI IPA 2-4 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan software Minitab 16. Sesuai kriteria pengujiannya jika nilai pada kolom P-Value  0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil signifikan statistik equal variances not assumed adalah 0,039 lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan terima H1. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pengaruh model pembelajaran MMP berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 


Keywords


alat peraga, kemampuan pemecahan masalah matematis, missouri mathematics project

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Ansori, H., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Metematika, 3(1), 49-58.

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 117-125.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.

Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127–132.

Hendriana, H., & Soemarno, U. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Kannan, Senthamarai, B., Sivapragasam, C., & Senthikumar, R. (2016). A Study On Problem Solving Ability In Mathematics of IX Standard Students in Dindigul District. International Journal of Applied Research, 2(1), 797-799.

Kurniasari, V. H. D., Susanto, Tono, & Setiawan, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Projectdalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FKIP Jember, 4(2), 153-162.

Lestari, K. E., &Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mansyur, M., & Khaerani. (2020).Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 10-20.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standarsd for School Mathematics. Reston, VA: Author.

Nurhanifah, N. (2018). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Discovery Learning. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika II. Cirebon: Universitas Swadaya Gunung Jati.

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-20.

Rakiyah, S. (2018).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 2(2), 124-132.

Savitri, S. N., Rochmad, & Agoestanto, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics ProjectTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 28-33.

Shadiq, F. (2009). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Ulya, R, & Hidayah, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project.

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 647-656.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7369

Article Metrics

 Abstract Views : 240 times
 PDF Downloaded : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Remiyani Berutu, Eri Saputra, Aklimawati Aklimawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats