PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Nuraina Nuraina, Mutia Fonna, Khaliza Utari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitiannya yaitu the non-equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 4. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA dan siswa kelas XI IIS yang dipilih dengan teknik sampling yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berupa soal post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik (Mann Whitney U-test) karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE yaitu sebesar 14,67 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik yaitu sebesar 10,33. Dari hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai Asymp sig, (2-tailed) yaitu 0,014 < α (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. 


Keywords


Kemampuan Penalaran, Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)

Full Text:

PDF

References


Atiyah, Khairini. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Negeri 1 Langkat T.P 2019/2020”. (Skripsi). Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara, Medan.

Fadillah, A. 2016. “Pembelajaran Matematika dengan Model CORE Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP”. Jurnal Prima, Volume. V, No. II, Juli 2016: 15-24.

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muizaddin, R dan Budi Santoso. “Model Pembelajaran CORE Sebagai Sarana dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume. 1, No. 1, Agustus 2016: 224-232.

Murni, J. S. 2018. “Analisis Penggunaan Media Sosial Smartphone Oleh Siswa dalam Proses Pembelajaran Sosiologi XI IIS 1 SMAN 01 Toho. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 7, No. 5: 1-10.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.

Nuri, Z dan Fitriani Dwina. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 11 Padang”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, Volume 8, No. 4, Desember 2019: 59-64.

Sugiharto., Dergibson, S., Lasmono, T. S. & Denny, S. O. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7336

Article Metrics

 Abstract Views : 332 times
 PDF Downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nuraina Nuraina, Mutia Fonna, Khaliza Utari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats