MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH
Abstract
Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi dan sampel ujicoba pada penelitian ini adalah siswa pada salah satu sekolah tingkat MTs di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang berupa posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung>ttabel = 3,549 > 1,672 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Matematis, Kooperatif, Make a Match
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F. (2013). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model CPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Jurnal Kreano, hal 151-158, Desember, Volume 4, Nomor 2.
Baroody, A. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
NCTM. (2000). Principle and Standards fot School Mathematics. NCTM: Reston VA.
Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, Januari, Volume 10, Nomor 1.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembngkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, Juni, Volume 5, Nomor 1.
Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Eduhumaniora, Juli, Volume 6, Nomor 2.
Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. EduMa, Hal 32-42, Juli, Volume 6, Nomor 1.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7291
Article Metrics
Abstract Views : 220 timesPDF Downloaded : 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yeni Listiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats