PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE

Niatul Jannah, Muliana Muliana, Marhami Marhami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penerapan strategi Preview Question, Read, Reflect, Recite and Review terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye tahun ajaran 2020/2021. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII/6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik saja. Instrumen tes berbentuk soal uraian kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Pengolahan data dari hasil penelitian yaitu menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan pada data N-Gain yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran saintifik. Berdasarkan uji-t menggunakan Compare Means Independent-Samples T Test diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan α = 0,05 berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye.


Keywords


Kemampuan Representasi Matematis Siswa, Pembelajaran Saintifik, Strategi PQ4R (Preview Question, Read, Reflect, Recite and Review)

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Farapatana, E., Anwar, Y. S, & Abdillah. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3 (1) : 1-6.

Mariyam, Nurdin, & Utami, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII. Journal of Educational Review and Research, 1-11.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Yulianti, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Strategi PQ4R Terhadap Kemampuan Metakognitif Peserta Didik. Lampung: (Skripsi) Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Yustika, A., & Roesdinan, L. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal Unsika.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6500

Article Metrics

 Abstract Views : 150 times
 PDF Downloaded : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Niatul Jannah, Muliana Muliana, Marhami Marhami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats