PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ainun Rahmi, Nuraina Nuraina, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun runag sisi datar bagian kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experimental design dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Tenggara tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penlitian ini merupakan siswa kelas VIII-A dan siswa kelas VIII-B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berupa post test. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan softwere SPSS 18. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 13,56 dan 11,32. Dari hasil uji-t diperoleh hasil Significan 2-tailed <  (0,009 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada  materi bangun ruang sisi datar kelas VIII  MTsN 2 Aceh Tenggara.


Keywords


Teams Games Tournament (TGT), alat peraga, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Batubara, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dan Geogebra di SMA Freemethodist Medan. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 3(1):47-54.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hariyanto, F. (2019). Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Sleman: Deepublish.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2016). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. (2017). Perbandingan Kemampuan pemahaman Matematis Siswa antara yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside circle dengan Konvensional. Jurnal mosharafa, 6(3):441-450.

Rahmat, F., Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams games Tournament (TGT). Manajerial, 3(5):239-246.

Rohmah, E., & Wahyudi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2):126-143.

Sohimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6499

Article Metrics

 Abstract Views : 454 times
 PDF Downloaded : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ainun Rahmi, Nuraina Nuraina, Yeni Listiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats