PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN TURUNAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 4 KEJURUAN MUDA

Widya Indriani, Hayatun Nufus, Wulandari Wulandari

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada masalah keterbatasan variasi media pembelajaran yang digunakan untuk menjelaskan konsep turunan fungsi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran yaitu alat peraga papan turunan matematika pada materi turunan fungsi kelas XI, untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran dan peningkatan pemahaman konsep matematis dengan berbantuan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Kualitas alat peraga papan turunan matematika ditinjau dari aspek kevalidan dan peningkatkan pemahaman konsep matematis. Untuk aspek kevalidan diperoleh dari hasil penilaian 3 validator yaitu 2 orang ahli media memperoleh hasil persentase 78,24% dengan kategori baik. 2 orang Ahli materi memperoleh hasil persentase 86% dengan kategori sangat baik. 5 Siswa kelompok kecil memperoleh hasil persentase 83,5% dengan kategori sangat baik. Rata-rata persentase dari ketiga validator adalah 82,63% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan pemahaman knnsep matematis diperoleh dari pretest dan postest siswa kelompok besar dengan skor rata-rata pretest 43,3 dan skor rata-rata postest 84,3 sehingga N-Gain yang diperolah adalah 0,72 dengan interpretasi tinggi. Dari nilai N-GainĀ  yang diperoleh maka alat peraga papan turunan dapat meningkatkan pemehaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat peraga papan turunan matematika yang dikembangkan dinyatakan valid dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.


Keywords


Alat Peraga Papan Turunan Matematika, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematis, Turunan Fungsi

Full Text:

PDF

References


Aji, V. G. (2016). Pengembangan Alat Peraga Penjumlahan Bersusun Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Sekolah Dasar . Yogyakarta: Skripsi: Universitas PGRI Yogyakarta.

Anjelita, R. (2019). Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pecahan kelas III MIS Lamgugop Banda Aceh. Banda Aceh: Skripsi: Univesitas Islam Negeri AR-RANIRY.

Fahrudin, Achmad Gilang, Zuliana , E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantuan Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 15.

Hamdi, A. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Iskandar, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathrmatics Education. Seminar Nasional, FMIPA. Yogyakarta.

Lismareni, N. (2018). Efektivitas Alat Peraga Papan Turunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1.

Majdi, M. K. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA Melalui Model Quantum Learning One Day One Question Berbasis Dalily Life Science Question. Jurnal Pendidikan, Volume 1, No.1. Januari 2018: : 84.

Nahdiyah, F. (2020). Learning By Doing Media Belajar Jam Dinding Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 5 No. 2:191.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, A. (2020). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Berbasis Montessori. Jurnal ManajemenPendidikan, Volume 4 No. 2.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yohanes. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur . Jurnal abdidas, Volume 1 No. 5:339.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6498

Article Metrics

 Abstract Views : 352 times
 PDF Downloaded : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widya Indriani, Hayatun Nufus, Wulandari Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats