PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI THINK, TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP

Samsinar Samsinar, Hayatun Nufus, Erna Isfayani, Fajriana Fajriana

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu kiranya diterapkan model pembelajaran missouri mathematics project dan diikuti strategi yang sejalan dengannya yaitu strategi think, talk and write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMPN 2 Teupah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen Design dengan rancanagan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Purporsive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Seunagan, sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data menggunakan uji hipotesis berbaantuan Software SPSS 18.  Berdasarkan uji T t-test for Equality of Means diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan  berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis, Missouri Mathematics Project, Strategi Think, Talk and Write

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Diakses 22 Januari 2021 dari: (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf).

Pintauli, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model – Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6495

Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF Downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Samsinar Samsinar, Hayatun Nufus, Erna Isfayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats