ANALISIS KESALAHAN SISWA MTsN 2 ACEH UTARA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT DAN ALTERNATIF PENYELESAIANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa MTsN 2 Aceh Utara dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat dan Alternatif penyelesaiannya. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiaan diambil dari kelas VII F sebanyak 23 siswa. Dari 23 siswa diambil 6 orang siswa yang akan dijadikan informan untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa MTsN 2 Aceh Utara dalam meyelesaikan soal operasi hitung pada bilangan bulat adalah 1) kesalahan saat melakukan tes, dimana siswa tidak menjawab soal akibat tidak mengerti apa yang ditanyakan, alternatif yang dapat dilakukan yaitu siswa harus sering berlatih mengerjakan soal. 2) kesalahan membaca petunjuk, dimana siswa salah dalam menyelesaikan jawaban dengan benar, kesalahan ini dikarenakan siswa tidak memahami petunjuk dari soal. Alternatif yang dapat dilakukan adalah siswa membaca soal berulang dan benar-benar memahami apa yang ditanyakan. 3) kesalahaan konsep, dimana siswa tidak memahami konsep materi yang terdapat pada suatu soal sehingga melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Alternatif yang dapat dilakukan adalah memberikan Scaffolding yang meghadirkan secara langsung objek pembelajaran. 4) kesalahan kecerobohan, dimana siswa salah menuliskan salah satu komponen soal, kesalahan ini terjadi karena siswa terburu-buru dan lupa. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu mengecek kembali lembar jawaban sebelum dikumpul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, D. M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1):, (https://jurnal.untan.ac.id).
Aroysi, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bertipe PISA Berdasarkan Teori Nolting. Jakarta: (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Basri, H. H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(2):207-216, (DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v4i2.
Kartini, & Meldawati. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bilangan Berpangkat Bulat Positif. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 14(1):1-14, (doi :10.30821/axiom.v10i1.7681).
Marpaung, N. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika DI MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Maulidiya, D. M. (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. JPPMS, 3(3):342-352, (DOI:10.33369/jp2ms.3.3.342-352).
Susanto., A. F. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffoding Yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1):40-51.(DOI: https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5).
Yunia, N. Z. (2020). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Teorema, 5(1): 105-116. (DOI: http://dx.doi.org/1025157/teorema.v5i1.3206).
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6494
Article Metrics
Abstract Views : 263 timesPDF Downloaded : 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rismayani Rismayani, Aklimawati Aklimawati, Muliana Muliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats