PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 ACEH UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Utara tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIF yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, M. d. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
As’ari, A. R. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dwijayani, N. M. (2018). Pembelajaran Lingkaran Berbantuan Permasalahan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 1, No. 7: 34-47.
Gusvina, F. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi, UIN Ar-Raniry.
Hendriana, H. d. (2018). Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Imayati. (2018). Peranan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Disposisi Matematis. Jurnal Matematics Paedagogic, Volume 1, No. 3: 9-18.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa. Surakarta: CV Kenyata Group.
Mufidah, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi: Bandar Lampung: Universitas Lampung.
(NCTM), N. C. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Reston, USA: NCTM.
Nurhasanah, D. E. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, Volume 1, No. 1: 21-32.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabet.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, Volume 1, No. 7: 51-62.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6492
Article Metrics
Abstract Views : 609 timesPDF Downloaded : 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rosfarianti Rosfarianti, Rohantizani Rohantizani, Muliana Muliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats