PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH PADA SISWA MTsS AL-MADINATUDDINIYAH SYAMSUDDHUHA

Novita Ayuni, Maryana Maryana, Marhami Marhami, Hayatun Nufus, Mursalin Mursalin

Abstract


Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa perlu diterapkan   model   pembelajaran   yang   mendukung salah   satunya   adalah   model pembelajaran Problem Posing berbantuan Software Autograph. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Problem Posing berbantuan Software Autograph lebih baik daripada peningkatan  kemampuan  penalaran  matematis  siswa  yang  diterapkan  model pembelajaran saintifik pada materi penyajian data kelas VII di MTsS Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  tes  kemampuan  penalaran  matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas. Analisis data yang dilakukan untuk test kemampuan penalaran matamatis menggunakan uji dua sampel independen karena data berdistribusi normal dan homogen, data diolah menggunakan software SPSS 16. Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig. < 0,05 maka tolak H0. Dari hasil signifikan statistic Equal Variances assumed adalah 0,02 lebih kecil dari 0,05 maka, tolak H0 dan terima Ha. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Posing berbantuan Software Autograph pada materi penyajian data kelas VII di MTsS Al-Madinatuddiniyah Syamsuddhuha.

Keywords


kemampuan penalaran matematis siswa; model pembelajaran; problem posing; dan software autograph;

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2009). “Efektifitas Media Software Autograph Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP. N. 1. Tanjung Pura. T. A. 2008-2009”. Skripsi. Medan: FMIPA Unimed.

Ainun, N. (2015). “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Aliyah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh”. Jurnal Peluang, Volume 4(1) : 55-63.

Amiluddin, R. (2016). “Pengaruh Problem Posing Dan Pbl Terhadap Prestasi Belajar, Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 3(1): 100-108.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahliana, D., Marhami, M., & Mursalin, M. (2019). Improving Students' Mathematical Critical Thinking Abilities Through the Problem-Solving Method on the Sequences and Series Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(7), 813-816.

Ferdianto, F & Ghanny. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing”. Jurnal Euclid, Volume 1(1) 1-59.

Fonna, M., & Mursalin, M. (2019). Using of wingeom software in geometry learning to improving the of mathematical representation ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(2), 40-43.

Hutasuhut, R. N. Karnasih, I. & Salayan, M. (2020). “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Media Gambar Dan Autograph Menggunakan Model Pembelajaran CTL”. Jurnal Edumaspul, Volume 4(2) : 64–71.

Karnasih, I. (2008). Paper Presented in International Workshop: ICT for Teaching and Learning Mathematics, Unimed. Medan. (In Collaboration between UNIMED and QED Education Kuala Lumpur, Malaysia, 23-24 May 2008).

Kusumah, Y. S. (2011). Literasi Matematis.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Listiana, Y. Wulandari. & Wirevenska, I. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa”. Jurnal Serunai Matematika, Volume 12(1): 32-43.

Mahmuzah, R. (2015). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing”. Jurnal Peluang, Volume 4(1): 64-72.

Maulidawati, M., Muhammad, I., Rohantizani, R., & Mursalin, M. (2020). The Implementation of Make a Match Type Cooperative Learning Model to Improve the Mathematical Connection Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11).

Manurung, S. R. (2013). “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Menggunakan Software Autograph”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 19(72): 109-119.

Marhami, M., Fonna, M., Mursalin, M., & Nuraina, N. (2020). The Effect of Video Conference Assisted Online Learning on Students' Mathematical Problem-Solving Ability during the Covid-19 Pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11).

Muhammad, I., Nufus, H., & Mursalin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Chievement Division) Berbasis ICT (Information and Communications Technologies). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 113-118.

Mursalin, M. (2019). The Critical Thinking Abilities in Learning Using Elementary Algebra E-Books: A Case Study at Public Universities in Indonesia. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(1), 29-33.

Nazirah, F., Nuraina, N., Herizal, H., & Mursalin, M. (2021). Towards the Application of Inquiry Learning Approach in Classroom: Students Exploration of Changes in Understanding Meaningful Mathematical Concepts. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(3), 203-209.

Nufus, H., & Mursalin, M. (2020). Improving Students' Problem-Solving Ability and Mathematical Communication through the Application of Problem Based Learning. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 1(1), 43-48.

Nuraina, N., & Mursalin, M. (2018). Improving Students' Mathematical Communication Skills Through Learning Start Learning Models with A Question on Pythagoras. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(2), 44-47.

Nurhasanah, F. (2008). “Alat Peraga Maya dalam pembelajaran Matematika”. Jurnal Peluang, Volume 4(1) : 55-63.

Paroqi, L. L., Mursalin, M., & Marhami, M. (2020). The Implementation of Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students' Mathematical Communication Ability in Statistics Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10).

Priatna, N. (2003). “Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Bandung”. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, PPS UPI: Bandung.

Ridhollah, M., Muliana, M., & Mursalin, M. (2021). The Influence of Cooperative Integrated Reading and Composition Model on Completing Abilities of Story Questions. Malikussaleh Social and Political Reviews, 2(1), 33-42.

Sarah, K., Mursalin, M., Muliana, M., Nuraina, N., & Rohantizani, R. (2021). The Influence of the Inside Outside Circle Cooperative Learning Model on Students' Mathematical Communication Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(3), 177-185.

Sispamutri, H. (2011). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI Multimedia SMKN 12 Malang”. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-II Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno & Yunus, M. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Wati, M. M. A. Karnasih, I. & Salayan, M. (2020). “Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tps Berbantuan Autograph Dan Media Gambar”. Jurnal Edumaspul, Volume 4, No. 1: 310- 320.

Yarmasi, Y., Fonna, M., & Mursalin, M. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Team Assisted Individualized of Interactive Media Assistance to Students' Mathematical Communication Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9).




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.5588

Article Metrics

 Abstract Views : 334 times
 PDF Downloaded : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novita Ayuni, Maryana Maryana, Marhami Marhami, Hayatun Nufus, Mursalin Mursalin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats