PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Muhammad Sabiq, Marhami Marhami, Muliana Muliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran scientific. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalen Control Group Design. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Lhokseumawe dan sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan intrumen tes dan non tes (angket respon siswa). Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil skor rataan N-Gain pada kelas eksperimen yang menerapkan Model TPS 0,82 (Tinggi) lebih tinggi dari pada rataan N-Gain pada kelas kontrol yang menerapkan pendekatan scientific 0,77 (Tinggi). Berdasarkan hasil uji Indenpendent sampel t Test sampel posttest didapatkan 0,471 yang dimana sig ≥ 0,05 diterima artinya tidak terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model TPSdengan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran scientific. Analisis data uji t N-Gain menggunakan uji Indenpendent sampel t Test dengan hasil 0,224 yang dimana sig ≥ 0,05 yang artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model TPS sama secara signifkan dengan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran scientific.

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Think Pair Share (TPS), Pendekatan Scientific

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Think Pair Share (TPS), Pendekatan Scientific

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Afriansyah, A. E., & Ulva, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142-153.

Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 11–23. http://ridum.umanizales.edu.co:8080/jspui/bitstream/6789/377/4/Mu�oz_Zapata_Adriana_Patricia_Art�culo_2011.pdf

Handayani, H. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas II Sekolah Dasar. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–45. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2687

Hendri, Sherlyane; Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Smp. JIP, 8(2), 10–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314

Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students At Smpn 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899

Marhami. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif. Jurnal Numeracy, 5(2), 146–153.

Witaningtyas, D., LASMAWAN, M., & ADNYANA, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No 4 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 6(1), 125003.

Sani, B., & Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Professional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alvabeta.

Zulfah. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 01(2), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4327

Article Metrics

 Abstract Views : 428 times
 PDF Downloaded : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats