Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini ialah peserta didik mengalami kesulitan dalam menghubungkan peristiwa sehari-hari dan kebudayaannya ke dalam tulisan dan simbol matematika dan guru belum mampu mengembangkan LKPD yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan dengan model pengembangan 4D, yang melalui empat tahapan. a) define, b) design, c) development dan d) disseminate. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VII-ABY MTsS Ar-Royyan Sidorukun, dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan melalui tes kevalidan, keefektivan dan kepraktisan. Hasil dari penelitian menunjukkan kevalidan yang dilihat dari uji valid oleh validator dengan rata-rata nilai 3,75 pada kategori sangat valid, kepraktisan dilihat dari penilaian validator mudah digunakan, respon guru dan siswa positif dan angket respon siswa diperoleh 94,2% dengan kategori sanagat positif dan keefektivan dilihat dari ketuntasan nilai klasikal siswa didapatkan 88% siswa mendapatkan nilai >75 dan waktu pembelajaran yang digunakan sama dengan pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dilihat dari peningkatan pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa pada uji coba I 66,67% meningkat pada uji coba II dengan rata-rata 86,67 %. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brandt, A., & Chernoff, E. (2014). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71, 31–36. https://kb.osu.edu/bitstream/handle/1811/78917/OJSM_71_Spring2015_31.pdf?sequence=1&source=post_page---------------------------
Fauzi, L. M. (2022). Buku Ajar Etnomatematika. CVJejak. https://eprints.hamzanwadi.ac.id/5840/1/1. Buku Ajar Etno Jejak.pdf
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Mathemaics, N. C. of T. of. (2000). Principles and Standards fo School Mathematics. https://bibliotecadigital.mineduc.cl/bitstream/handle/20.500.12365/17719/Principles and Standards for School Mathematics.pdf
Ogunkunle, R. A., Harcourt, P., Harcourt, P., George, N. R., & Ed, M. (2015). Integrating Ethnomathematics Into Secondary School Mathematics Curriculum for Effective Artisan Creative Skill Development. European Scientific Journal, 11(3), 386–397.
Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2010). An introduction to educational design research.
Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif : menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Diva Press. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=10507
Ramadhana, R. S. A., Siagian, P., & Mulyono. (2017). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. Journal of Education and Practice, 8(34), 48–56. https://doi.org/10.29333/iejme/5729
Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Siregar, W. M., Ramadhana, R. S. A., & Ritonga, M. W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Etnomatematika dengan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/725
Tarigan, R., Manik, E., Sihombing, D. I., Pascasarjana, P., Matematika, P., Studi, P., Matematika, P., Studi, P., & Matematika, P. (2023). JPE ( Jurnal Pendidikan Edutama ) Vol . 10 No . 1 Januari 2023 ETNOMATEMATIKA DENGAN KONTEKS ERTUTUR DALAM SUKU KARO. 10(1), 133–142.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23233
Wahyuni, S., Ilmi, N. K., & Sari, D. P. (2024). Pengembangan Lkpd Berbantuan Aplikasi Canva Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 245–253. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i1.2113
Yuningsih, Y., Zaenuri, Z., Walid, W., & Mariani, S. (2024). Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 655–666. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2978
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.20817
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 RADEN SRI AYU RAMADHANA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats