ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MAN 3 ACEH UTARA

Laila Fitri, Wulandari Wulandari, Zainul Mujtahid

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa MAN 3 Aceh Utara masih dalam kategori rendah. Selain berpikir kreatif matematis terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi pembelajaran siswa yaitu kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed method). Subjek penelitian ini adalah 12 siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, angket kecerdasan emosional dan wawancara. Analisis data kualitatif  dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori tinggi dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki persentase sebesar 16,66% atau 2 siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori sedang dengan kecerdasan emosional sedang memiliki persentase 8,33% atau 1 siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir kreatif matematis kategori rendah dengan kecerdasan emosional rendah memiliki persentase 75% atau 9 siswa.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas X-3 MAN 3 Aceh Utara pada materi eksponen dan logaritma tergolong rendah.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Emosional; Eksponen dan Logaritma

Full Text:

PDF

References


Assagaf, I. A. R., Bani, A., & Sari, D. P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA pada Materi trigonometri Ditinjau dari Gender Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 301–324. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5151

Aswaruddin. (2021). Terpuruknya Pendidikan di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 36–50. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/133/122

Azhary, D. A., Suhendar, S., & Nuranti, G. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Biodik, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12820

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Maftukhah, N. A., Nurhalim, K., Dasar, P. P., & Semarang, U. N. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Abstrak. 6(3), 267–276.

Maryati, Iyam, C. E. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada materi Trigonometri. 7(2), 143–156.

Novianti, V., & Dasari, D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Serta Habits of Mind terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. 7, 17203–17212.

Nuha, R. A., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 128–139. file:///C:/Users/User/Downloads/stevanus85,+Journal+manager,+1748-2982-1-SM.pdf

Nuzula, Z., Fonna, M., & Marhami. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Meureudu. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6497

Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TRIGONOMETRI. Maju, 7(1), 83–88. https://www.neliti.com/publications/504840/analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-siswa-sma-di-kabupaten-bandung-bar

Saputra, H., & Muhsin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bandar Dua. Jurnal Real Riset, 4(2), 125–129. https://doi.org/10.47647/jrr.v4i2.648

Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas III Sdn Gudang Tigaraksa. Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024.

Sirait, N. A. F., Fajriana, & Mahmuzah, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Open Ended Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Berrpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Dewantara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 163–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13769

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v5i1.19679

Article Metrics

 Abstract Views : 4 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Laila Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats