ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE MATERI TRIGONOMETRI
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa didapatkan pada kategori masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan analisis dalam prosesnya untuk diketahui sejuah mana rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa sehingga dapat menjadi acuan dalam memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self confidence pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dewantara. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dewantara. Teknik yang digunakan berupa tes dan non tes. Tes kemampuan komunikasi matematis, angket self confidence, wawancara yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang kemampuan komunikasi matematis dengan kategori tinggi memiliki self confidence tinggi dengan persentase 16,6% sebanyak 3 siswa. Siswa yang kemampuan komunikasi matematis dengan kategori sedang memiliki self confidence sedang dengan persentase 27,7% sebanyak 5 siswa. Siswa yang kemampuan komunikasi matematis dengan kategori rendah memiliki self confidence rendah dengan persentase 55,5% sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self confidence di kelas XI SMA Negeri 2 Dewantara pada materi trigonometri tergolong masih rendah.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, self confidenc, trigonometri
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, R. N. et al. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(3), 735. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i3.8769
Belli, R., & Annurwanda, P. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence ( Kepercayaan Diri ) Pada Materi Statistika Kelas XII Analysis of Student ’ s Mathematical Communication Skills in Terms of Self Confidence in Class XII Statistics Material. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(1), 43–55.
Hamda et al. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Self-Confidence Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Makassar. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2024, 1, 33–50. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/62890
Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226
Hendriana, H. et al. (2018). Hard skills dan soft skills. PT.Refika Aditama. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=eAXAM7IAAAAJ&citation_for_view=eAXAM7IAAAAJ:lmc2jWPfTJgC
Hodiyanto. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
Listiana, Y. (2022). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 153. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7291
Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 65–77. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23087
Muliani, E. et al. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GANDAPURA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11171
Nazira, C. R. et al. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(2), 204–214. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.19399
Nugroho, A. D. et al. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 6(2). Gaya Belajar Siswa SMP JPMR, 06(02), 81–98. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Rahayu, A. et al. (2023). PENGARUH PENDEKATAN MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12655
S, R. J. et al. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( CPS ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(1), 95–109. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.15646
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=853411
Sultoni, M. et al. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Trigonometri [Analysis of Mathematical Communication Skills on Trigonometry Material]. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Trigonometri, 7(2), 896–902.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v5i1.19189
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Pisah Tina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Statcounter View My Stats