ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KRITERIA WATSON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Dini Ariani, Wulandari Wulandari, Fitri Ayu Ningtiyas, Fajriana Fajriana, Hidayatsyah Hidayatsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS, jenis kesalahan berdasarkan kriteria Watson dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa MAN 3 Aceh Utara kelas X-4 yang berjumlah 14 siswa, selanjutnya subjek yang dipilih sebanyak 6 siswa berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa didapatkan 2 dari 14 siswa berkemampuan tinggi dengan persentase 14,285%, 2 dari 14 siswa berkemampuan sedang dengan persentase 14,285% dan 10 dari 14 siswa berkemampuan rendah dengan persentase 71,428%. Dari persentase di atas terlihat bahwa secara keseruhan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas X-4 MAN 3 Aceh Utara tergolong masih rendah. Jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kriteria Watson meliputi prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), data hilang (omitted data),  kesimpulan hilang (omitted conclusion), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), masalah hierarki keterampilan (skill hierarchy problem) dan selain ketujuh kesalahan (above other). Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal adalah terutama yaitu faktor ketidakmampuan siswa dalam mengingat, kurangnya waktu dalam mengerjakan soal, kurangnya ketelitian dan kesabaran, dan kurangnya pengalaman latihan terhadap soal yang serupa.

 

 


Keywords


Kriteria Watson, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, HOTS

Full Text:

PDF

References


Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. 6(2), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Fatmah, R. A., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Islamika Granada, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.19

Haryono, Y. et al. (2021). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Berdasarkan Langkah Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 849. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3510

Kadir, I. A. et al. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388

Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan kriteria Watson. 15(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.26534

Misrina et al. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 PEUSANGAN. 4, 28–38. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13794

Negara, J. P. G. I. et al. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (MAHASENDIKA), 181–190.

OECD, & PISA. (2022). Insights and Interpretatioms. OEDC.

Rasnawati, A. et al. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Sari, N. et al. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Konten Geometri. Prosiding Sesiomadika, 695–703.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D / Sugiyono (2nd ed.). Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=27688

Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2338




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v5i1.19186

Article Metrics

 Abstract Views : 3 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dini Ariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats