Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Abstract
Kurangnya rasa percaya diri atau disposisi matematis siswa dalam memecahkan masalah, dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi salah satu alasan yang membuat peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis siswa melalui penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Lhokseumawe pada tahun ajaran 2024/2025. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Sampel yang digunakan yaitu VIII-1 (kelas eksperimen) dan VIII-2 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data pada soal kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji t sampel bebas dan pada angket disposisi matematis menggunakan uji non-parametric Mann Whitney dengan berbantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik. Ditemukan juga bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Realistic Mathematics Education dan siswa yang memperoleh pembelajaran saintifik.
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, N. A., Pardimin, P., & Wijayanto, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 193–204. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8064
Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549
Fanani, N. A., Dia, A., Sari, I., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., & Karakter, P. (2024). ISSN 3030-8496 Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2), 21–32. https://doi.org/10.8734/trigo.v1i2.365
Faturrohman, M. H., Nuraeni, Z., Yukans, S. S., & Mansur, N. (2024). Indonesian Journal of Teaching and Learning The Ability of Seventh-Grade Students in Mathematical Problem-Solving on Set Theory Using Animation Media. 3(4), 241–249. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/intel.v3i4.1233
Harahap, H. M., & Lubis, R. (2019). Efetivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 7. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 105–113. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Herlina, C., & Casnan, C. (2023). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 384–396. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.191
Irham, M. M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis di SMP Negeri 4 Randudongkal. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(1), 55. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7939
Kurniawati, I., Setiawan, A., Anwar, M. S., & Muhammad, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 124–134. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.200
Mardiah, M., Fauzan, A., Fitria, Y., Syarifuddin, H., F, F., & Desyandri, D. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 513–521. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.340
Maulida, M., Rohantizani, R., Elisyah, N., Fajriana, F., & Listiana, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Dengan Strategi QOTD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 141. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.12675
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rosfarianti, R., Rohantizani, R., & Muliana, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 ACEH UTARA. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(2), 75. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i2.6492
Shalihat, H., Nufus, H., Ningtiyas, F. A., Fonna, M., & Aklimawati, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2), 200. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13768
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D / Sugiyono (2nd ed.). Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=27688
Tantra, S. A. M., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik melalui pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) (improving students’ mathematic problem solving ability through Realistic Mathematics Education (RME)). Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi, 587–600. https://magestic.unej.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.17612
Article Metrics
Abstract Views : 2 timesPDF Downloaded : 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Wanda Rizky Aulia, Wulandari Wulandari, Rifaatul Mahmuzah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats