DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-MODUL BERBANTUAN FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI BILANGAN REAL KELAS X DKV SMK NEGERI 1 LHOKSEUMAWE

Nisa Fajria, Eri Saputra, Nur Elisyah

Abstract


Kurangnya kemampuan konsep dasar matematis siswa terhadap materi-materi yang diajarkan terutama pada materi bilangan real, beberapa guru mengajar masih terkesan monoton sehingga mengakibatkan minat belajar siswa berkurang, dan siswa mengalami kendala jika pembelajaran menggunakan media pembelajaran online dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berupa APK berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada materi bilangan real yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4-D (four-D) yang terdiri dari tahapan define, desain, develop dan disseminate. Subjek penelitian adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, uji coba kelompok kecil 7 siswa dan uji coba kelompok besar 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli media sebesar 87,5% dan validasi ahli materi sebesar 92,85% dengan kategori “Sangat Valid”, (2) Hasil angket respon siswa uji coba kelompok kecil sebesar 93,06% dengan kategori “Sangat Praktis”, (3) Ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85,71% dengan kategori “Sangat Efektif”dan hasil penilaian angket respon siswa dari uji coba kelompok besar sebesar 92% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, pengembangan E-Modul berupa APK berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada materi bilangan real dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Kata kunci: Bilangan Real, E-Modul, Flip PDF Corporate Edition.

Keywords


Bilangan Real, E-Modul, Flip PDF Corporate Edition.

Full Text:

PDF

References


Elvinawati, Novia Anjani Safitri, & Salastri Rohiat. (2022). Pengembangan E- Modul Kimia Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Larutan Penyangga. Alotrop, 6(2), 156–164. https://doi.org/10.33369/alo.v6i2.25512

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research &Amp; Development (R&Amp;D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Rahmawati, S. N., Hidayat, R., & Amelia, F. (2022). Modul Elektronik Fisika Berbasis Google Sites ( Metrofalesi ) sebagai Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1(April), 498–505.

Ratnawati, D., & Khaharsyah, A. (2022). Pengembangan E-Modul Sistem Pendingin Berbasis. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 7(4), 29–34. https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/issue/view/2267

Sari, P., Hanifah, H., & Susanta, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 147–157. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.157

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (24th ed.). Alfabeta.

Zinnurain. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Pharmacognosy Magazine, 1(1), 132–139.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i2.16397

Article Metrics

 Abstract Views : 1 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nisa Fajria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats