ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMPN 3 LUNANG BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil PISA dan TIMSS siswa Indonesia yang bertolak belakang dengan motivasi belajarnya. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP dengan tingkat motivasi belajar rendah dan tinggi. Identifikasi kemampuan literasi matematika didasarkan pada indikator literasi matematika yang meliputi kemampuan: komunikasi, matematis, representasi, penalaran dan argumentasi, merancang strategi penyelesaian masalah, menggunakan bahasa dan operasi simbolik, formal dan teknis serta menggunakan alat bantu matematika. Dengan demikian dalam meningkatkan literasi matematika siswa, peran motivasi belajar sangat diperlukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Crosswhite, F. J., Dossey, J. A., & Frye, S. M. (1989). NCTM Standards for School Mathematics: Visions for Implementation. Journal for Research in Mathematics Education, 20(5), 513–522.
De Lange, J., “Mathematics for Literacy. Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges”,Hal. 76.
Dimyati dan Mudjiono, (2013). Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT.Rinekan Cipta, hal. 97-100
Djamarah Syaiful Bahri, (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta Gunarsa :Jakarta, h.54-55
Donni Juni Priansa, (2015) Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, hal. 132
Donni Juni Priansa, Op.Cit, hal.135
Evi, dkk. (2020), “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA konten Uncertainty and Data” (Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika) Hal 1042
Hasbulloh, & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika.
Hamzah B Uno, Op.Cit. hal. 23
Hera, R., & Sari,N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720.
Hudojo Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. - Malang: UM Press, 2005.
Khusnul dan M.Farid, “Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Global dan Kemampuan Matematika” (Prosiding Silogisme Universitas PGRI Madiun, 18 Juli 2018)
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
Mudjiono Dimyati.(2006). Belajar dan Belajar. - Jakarta: PT Rineke Cipta.
Muhibbin Syah, (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, (2012). Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: Refika Aditama, hal. 26
Ngalim Purwanto, (2011),Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,hal. 71
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and analytical framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD Publishing.
Op.Cit. Hasmiawati dan Widjajanti. Hal.3
Oemar Hamalik, (2014). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, hal.106
Sardiman, Op. Cit. hal. 75
Sardiman, Op.Cit, Hal. 83
Setiawan, B., & Dores, O. J.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412
Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruuhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, hal. 26
Syaiful Bahri Djamarah, (2008), Psikologi Belajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, hlm. 157.
Syaiful Bahri Djamarah, Op. Cit, hlm. 152-155.
Syahlan. (2015). Literasi Matematika dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 3(1), 36–43.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.14547
Article Metrics
Abstract Views : 103 timesPDF Downloaded : 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mia Yolanda Utami Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats