Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika
Abstract
Salah satu literasi yang erat kaitannya menggunakan kepandaian serta bernalar siswa yaitu literasi numerasi. Literasi secara awam berkaitan dengan kemampuan bahasa, sementara numerasi lebih fokus pada keterampilan matematika. Oleh sebab itu, literasi numerasi dapat diartikan menjadi kemampuan bernalar yang menggabungkan penguasaan bahasa dan konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan literasi numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal Statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan subyek penelitian adalah peserta didik SMA yang berada di lingkungan peneliti. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan peserta didik dengan memberikan soal statistika berbentuk soal cerita. Hasil penelitian memberikan 63% siswa berada pada kategori Kurang, 22% siswa berada di kategori relatif, serta 15% siswa berada di kategori Baik. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menangani soal literasi numerasi masih berada pada tingkat yang rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Original Research, 1(2), 83–91.
Fitria, S. W., Tisngati, U., & Fath, A. M. Al. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika SD Ditinjau dari Kemampuan Literasi Numerasi. Scholarly Journal of Elementary School, 1(1), 43–50. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/622/
Hermalindawati, & Marlina. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4361–4368. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1429
Mahdayani, R. (2016). Kesulitan Belajar Siswa SMP mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.885
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
Muslimah, I. R., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi untuk Siswa Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. … Pendidikan Matematika), 2682(2), 205–218.
Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948
Simamora, W. C. V., Marbun, Y. M., & Simarmata, G. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Siantar. Konstanta: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(4), 293–313.
Triani, L., & Rofi’ah, S. (2023). Analisis Persepsi Guru Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi. Jurnal Basicedu, 7(4), 2521–2529. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5942
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.14476
Article Metrics
Abstract Views : 132 timesPDF Downloaded : 42 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aini Faiqotul Himmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats