Analisis Karakter Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Setelah Diterapkan Kurikulum Merdeka SMA Negeri 1 Muara Batu

Mauliza Mauliza, Muliana Muliana, Aklimawati Aklimawati

Abstract


Rendahnya karakter mengakibatkan menurunnya mutu pendidikan. Semakin baik karakter siswa, maka semakin baik pula kualitas pendidikan di indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakter siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan kurikulum merdeka. Karakter yang akan diteliti adalah karakter kerja keras dan kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Berdasarkan indikatonya persentase karakter kerja keras adalah sebagai berikut : (1) Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah sebesar 65,82%, (2) Selalu fokus pada pelajaran sebesar 59,37%, (3) Mengerjakan semua tugas kelas selesai dengan baik pada waktu yang telah ditetapkan sebesar 67,57%, (4) Tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar sebesar 58,59%, (5) Berusaha menyelesaikan tugasnya hingga tuntas sebesar 71,09%, (6) Menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja sebesar 61,52%. Sedangkan persentase karakter kreatif adalah sebagai berikut : (1) Senantiasa mampu memecahkan masalah dengan solusi yang baru di luar solusi yang biasa dilakukan oleh orang lain sebesar 59,37%, (2) Senantiasa menemukan hal-hal inovatif sebesar 60,15%, (3) Senantiasa memiliki ide-ide cemerlang sebesar 68,75%.

Keywords


Analisis karakter, Kerja keras, Karakter kreatif.

Full Text:

PDF

References


Asriyah, A. (2022). Membangun karakter santri yang kreatif, toleran, dan bertanggung jawab. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 173–182. Https://Doi.Org/10.51878/Academia.V2i3.1482

Cahyani, P. W., & Atmaja, K. (2020). Peran komunitas gerlik dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan disiplin di jagir wonokromo putri. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 35–46. https://journal.trunojoyo.ac.id/personofikasi/article/view/8492

Febriantika, S., Nursyamsi, & Awida. (2020). Perilaku agresif remaja dan implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling di smp negeri 5 kota solok. Jurnal Al-Taujih, 6(1), 62–68. https://doi.org/10.15548/atj.v6i1.1754

Hakim, L. (2019). Strategi pembelajaran karakter kerja keras. 15(1), 79–87. https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9930

Hartono, R., & Anshori, Mochammad Isa. (2019). Peran kerja keras dan kerja cerdas melalui motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan agent asuransi. journal of management studies. 13(2), 99–112.

Khairunisa, D. (2020). Menumbuhkan karakter kreatif dan peduli melalui project based learning pada pembelajaran fisika dina. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 3(1), 85–101. https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i1.188

Lasmita. (2020). Identifikasi karakter kerja keras dalam mata pelajaran IPA di SMPN 3 Batanghari. Integrated Science Education Journal, 1(1), 7–15. Https://Doi.Org/10.37251/Isej.V1i1.14

Mahfud. (2015). Berpikir Dalam Belajar ; Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(1), 1-26. https://dx.doi.org/10.24235/tarbawi.v1i1.1229

Monalisa, P & Sukarni, W. (2019). Analisis karakter kreativitas siswa kelas VIII SMPN 08 kota jambi. Jurnal publikasi pendidikan, 9(2), 134-140. https://.doi.org/10.26858/publikan.v9i9.9014

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak Restu. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251–1267. https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i2.1325

Rohana, Siregar, S. Z., Saida. (2022). Analisis Pendidikan Karakter, Kerja Keras, Mandiri, Dan Toleransi Siswa Sd. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic. 8(1), 54-64.https://doi.org/10.36987/civitas.v8i1.3541

Sarastuti, R. D., Hambali, & Separen. (2022). Studi Komparatif Karakter Kreatif Pembelajaran Online Mata Pelajaran Pkn Antara Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Di SMA Negeri 1 Singkep. Journal Of Science And Education Research, 1(2), 6–11. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/article/view/13

Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis animasi powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas iii sdn gudang tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3). https://dx.doi.org/10.47492/jip.v2i3.809

Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wiguna, I. K. W., Adi, M., & Tristaningrat, N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296

Wijayanti, D., & Pratomo, W. (2019). Pendidikan karakter melalui model pembelajaran kreatif bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Taman Cendekia, 03(01), 276–282. DOI:10.36841/integritas.v4i2.752

Wulandari, Marhami, Rohantizani, & Muliana. (2020). Peningkatan kompetensi dan kreativitas guru SMP melalui pelatihan pembuatan soal-soal berbasis higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Pengabdian, 4(2), 321–332. https://doi.org/10.30738/tc.v3i1.4291

Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal Of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://Doi.Org/10.31506/Jsc.V1i1.7764

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. jakarta: kencana.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.14293

Article Metrics

 Abstract Views : 198 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 muliana muliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats