PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI VEKTOR DI MAN 3 ACEH UTARA

Zahara Rahayu, Nuraina Nuraina, Yeni Listiana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran berupa modul berbasis problem solving di MAN 3 Aceh Utara khususnya materi vektor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari 2 ahli media dan 2 ahli materi, serta 6 siswa kelompok kecil dan 25 siswa kelompok besar. Penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) analisis kelayakan modul, (2) analisis kepraktisan modul, dan (3) analisis keefektifan modul. Hasil penilaian yang diperoleh: (1) ahli media memperoleh 86%, (2) ahli materi memperoleh 93,2%, (3) hasil dari 6 siswa sebesar 96,5%, (4) hasil respon 25 siswa sebesar 92,1%, dan (5) ketuntasan klasikal mendapatkan 84% siswa yang tuntas belajar. Dengan demikian, modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving khususnya materi vektor sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Problem Solving, Vektor

 

 

Keywords


Modul Pembelajaran; Problem Solving; Vektor

Full Text:

PDF

References


Alberida, H. (2020). The Implementation of Scientific Approach in Learning Science Through Problem Solving. Proceedings of the International Conference on Biology, Sciences and Education (ICoBioSE 2019), 10(ICoBioSE 2019), 349–353. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/absr.k.200807.071

Aminah, A., & Ayu Kurniawati, K. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 25–37. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.30595/.v1i1.7929

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234–245. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.991

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Islahiyah, Ihwatul, Heni Pujiastuti, and Anwar Mutaqin. 2021. “Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis S. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107.

Laili, L. N., Wati, M. S., Ramadhianti, S. A., & Subiyantoro, S. (2019). Pengembangan Puzzle Trigonometri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 101. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.324

Listiana, Y., Wulandari, W., Aklimawati, A., & Isfayani, E. (2021). Pengembangan Modul Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 40. https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.204

Nurajizah, S., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII. Maju, 7(1), 76–82. https://www.neliti.com/publications/502331/analisis-kesulitan-peserta-didik-dalam-menyelesaikan-soal-cerita-pada-pembelajar

Nurjannah, M. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Problem Solving Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU]. In SKRIPSI. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13792

Article Metrics

 Abstract Views : 74 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zahara Rahayu, Nuraina Nuraina, Yeni Listiana, Rohantizani Rohantizani, Wulandari Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats