PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFMATEMATIS SISWA
Abstract
Hasil observasi awal diperoleh bahwa siswa selama ini hanya dilatih dengan soal tertutup dan juga belum terbiasa menemukan cara lain dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dipelajarinya sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menggunakan pembelajaran pendekatan Open Ended. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang diproleh dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes akhir (post-test). Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t sampel bebas karena data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Data diolah menggunakan software SPSS 26 dengan kriteria pengujiannya tolak jika nilai sig. . Dari hasil uji-t diperoleh hasil signifikan 2-tailedsehingga ditolak dan diterima. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Open Ended berbantuan Video Animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, J., Euis Eti Rohaeti, M. A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP KELAS VIII Pada Materi Bangun Ruang. Pembelajaran Matematika Inovatif, 1, 779–784. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096
Arifani, N. H., Sunardi, & Setiawani, S. (2015). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipuji. Jurnal Kadikma, 6(2), 159–172.
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Eni Defitriani, E. (2014). Profil Berpikir Kreatif Siswa Kelas Akselerasi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Terbuka. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 65. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2014.6.2.2905
Mulyati, S., Suryani, Y., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 16(02), 123–132. https://doi.org/10.25134/equi.v16i02.2174
Nisa, K. W. (2013). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Kelas X Di Sman I Gondang Tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(03), 143–146.
Pangestu, N. S., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.472
Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Mentri Pendidikan Nasional. hlm 346
Putri, A. A., & Simanjuntak, E. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kualuh Selatan. Jurnal Inspiratif, 8(2), 85–96.
Suryadi. (2017). Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Kelas VII SMPN 4 BANDA ACEh. Skripsi, 68.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Widianti, V. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Efficacy Dalam Pemecahan Masalah Fisika.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13769
Article Metrics
Abstract Views : 151 timesPDF Downloaded : 31 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fajriana Fajriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats